Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DENGAN TUTORIAL SEBAYA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH SISWA KELAS X SMAN 1 SINGOSARI

Hestiningtyas Yuli Pratiwi

Abstract


Strategi konflik kognitif merupakan salah satu bagian dari pembelajaran konstruktivis yang mengedepankan pembelajaran bermakna. Pembelajaran ini me­nuntut siswa untuk lebih aktif, kritis dan kreatif. Siswa belajar lebih banyak secara mandiri, sedangkan guru bertindak sebagai fasilitator dan motivator. Strategi konflik kognitif lebih sempurna dipadukan dengan tutorial sebaya. Tujuan pe­nelitian adalah mengetahui efektivitas strategi konflik kognitif dengan tutorial sebaya terhadap penguasaan konsep fisika siswa ditinjau dari tingkatan kemampuan penalaran ilmiah siswa. Pemilihan kelas dilakukan secara acak sehingga didapatkan tiga kelas eksperimen untuk diterapkan pembelajaran dengan strategi konflik kognitif dengan tutorial sebaya dan tiga kelas kontrol untuk diterapkan pembelajaran dengan model konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pe­nguasaan konsep fisika siswa yang belajar dengan strategi konflik kognitif dengan tutorial sebaya lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan model konvensional, (2) terdapat interaksi antara strategi konflik kognitif dengan tutorial sebaya dan kemampuan penalaran ilmiah siswa terhadap penguasaan konsep fisika, (3) penguasaan konsep fisika siswa hypothetical deductive, yang belajar dengan strategi konflik kognitif dengan tutorial sebaya lebih tinggi daripada model konvensional, (4) penguasaan konsep fisika siswa empirical inductive, yang belajar dengan strategi konflik kognitif dengan tutorial sebaya lebih tinggi daripada model konvensional

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.