ILMU PENDIDIKAN
Open Journal Systems
Journal Help
User
Username
Password
Remember me
Language
Select Language
English
Bahasa Indonesia
Journal Content
Search
Search Scope
All
Authors
Title
Abstract
Index terms
Full Text
Browse
By Issue
By Author
By Title
Other Journals
Font Size
Information
For Readers
For Authors
For Librarians
Home
About
Login
Search
Current
Archives
Home
>
Vol 24, No 1 (1997)
>
Irtadji
Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa SD yang Memperoleh Pengajaran dengan Pendekatan Sinektika dan CBSA dalam Bidang Studi IPS
Moh. Irtadji
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif, sikap kreatif, dan hasil belajar IPS para siswa yang memperoleh pengajaran dengan pendekatan sinektika dan dengan pendekatan CBSA. Populasi adalah 117 orang siswa. Sampel terdiri dari dua kelas atau 77 orang siswa. Data dikumpulkan dengan Tes Kreativitas Verbal, Skala Sikap Kreatif, dan Tes IPS. Analisis dilakukan dengan uji t. Hasilnya menunjukkan bahwa antara siswa yang memperoleh pengajaran dengan pendekatan sinektika dan siswa yang memperoleh pengajaran dengan pendekatan CBSA terdapat perbedaan dalam sikap kreatif, tidak terdapat perbedaan dalam kemampuan berpikir kreatif, dan tidak terdapat perbedaan dalam hasil belajar bidang studi IPS.