ILMU PENDIDIKAN
Open Journal Systems
Journal Help
User
Username
Password
Remember me
Language
Select Language
English
Bahasa Indonesia
Journal Content
Search
Search Scope
All
Authors
Title
Abstract
Index terms
Full Text
Browse
By Issue
By Author
By Title
Other Journals
Font Size
Information
For Readers
For Authors
For Librarians
Home
About
Login
Search
Current
Archives
Home
>
Vol 24, No 2 (1997)
>
Hanurawan
Pandangan Aliran Humanistik tentang Filsafat Pendidikan Orang Dewasa
Fattah Hanurawan
Abstract
Filsafat pendidikan orang dewasa adalah cabang filsafat pendidikan yang mempelajari dasar-dasar filosofis dan hakikat tujuan pendidikan orang dewasa. Aliran pendidikan humanisme orang dewasa menitikberatkan tujuan pendidikan pada pengembangan manusia otentik yang memiliki kemampuan untuk menghadapi kerumitan dan masalah hidup modern. Untuk mencapai tujuan itu, pendidikan humanistik harus bersifat manusiawi, dengan memperhatikan aspek kebutuhan dan minat orang dewasa. Tema-tema utama pendidikan orang dewasa menurut pandangan humanistik adalah pendidikan yang berpusat pada subjek didik, proses belajar aktif dan mandiri, serta fungsi guru sebagai fasilitator.