The Influence of Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence on Understanding Magnitude of Behavioral Accounting

Purweni Widhianningrum

Abstract


This study aimed to examine the effect of intellectual, emotional and spiritual quotient to the level of understanding behavioral accounting. This population are Accounting Education students who are taking a behavioral accounting class, amounted to 87 students. Purposive sampling was done to sampling technique, so the total sample used are 81 respondents. Data analysis method used is multiple regression. The results showed that among the intellectual, emotional, and spiritual quotient which is owned accounting student, there only intellect quotient that is positive and significant impact on the level of understanding of behavioral accounting. This indicates that the level of understanding of behavioral accounting at the undergraduate program is still on the cognitive aspects. Thus, accounting behavioral simply understood as a method should be implemented and applied when they were faced with a condition that requires make a logical reasoning of all the problems in the field of accounting.

 

Keywords: intellectual quotient, emotional quotient and spiritual quotient, and behavioral accounting


Full Text:

PDF

References


Agustian, A.G. 2004. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ) Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Cetakan Kedelapanbelas. Arga, Jakarta.

Ardana, I Cenik, Lerbin R. Aritonang dan Elizabeth Sugiarto Dermawan. 2013. Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kesehatan Fisik Untuk Memprediksi Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Tingkat Akhir (Skripsi) S1 Akuntansi FE Untar). Jurnal Akuntansi, Volume XVII, No. 03.

Ariantini, Komang Nova, Edy Sujana, dan Nyoman Trisna Herawati. 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Membaca Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas di Bali). Jurusan Akuntansi Program S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 1.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Belkaoui, Ahmed Riahi. 2011. Accounting Theory. Jakarta: salemba Empat.

Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Goleman, D. 2005. Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Cetakan Keenam. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Diterjemahkan oleh Alex Tri Kuntjahyo Widodo dari Working with Emotional Intelligence, 1999.

Hariyoga, Septian dan Edy Suprianto. 2011. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi XIV Banda Aceh, 21- 22 Juli.

Heriningsih, Sucahyo, Sri Suryaningsum, dan Windyastuti. 2005. Pengaruh Kecerdasan Emosional Pada Pemahaman Pengetahuan Akuntansi Di Tingkat Pengantar Dengan Penalaran Dan Pendekatan Sistem. JAM: Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Vol. XVI, Nomor 2.

Herli, Fauzi, Kamaliah dan Alfiati Silvi. 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spritual, dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi. JOM FEKON Vol. 1 No. 2.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. 2016. Didik. http://kkbi.web.id/didik Diakses tanggal12 November 2016.

Lubis, Arfan Ikhsan. Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Salemba Empat.

Martani, Dwi, Sylvia Veronica NPS, Ratna Wardhani, Aria Farahmita, dan Edward Tanujaya. 2014. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: salemba Empat.

Nasution, Fakhrur Arifin. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa UMSU. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Vol. 9 No. 2.

Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Suartana, I Wayan. 2010. Akuntansi Keperilakuan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjun Tjun, Lauw, Santy Setiawan dan Sinta Setiana. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi Dilihat dari Perspektif Gender. Jurnal Akuntansi Vol.1 No.2.

Tu’u, Tulus. 2011. Cerdas Spiritualitas: Seimbang Spiritualitas dan Intelektualitas. Pabelum, Jurnal Teologi, Vol.3, No.1.

Undang – Undang Republik Indonesia. 2003. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://buk.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/05/Undang-Undang-No-20-Tahun-2003-tentang-Sistem-Pendidikan-Nasional.pdf diakses tanggal 12 November 2016.

Widyastuti, Wiwied. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Etis Auditor Pada KAP. Jurnal Multiparadigma, Vol.1, No.1.

Zohar, Danah dan Ian Marshall. 2002. SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan.

Suwardjono. 2014. Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE Universitas Gajahmada.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Purwanto, M. Ngalim. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda.




DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i2.8488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional