Efektifitas Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (Adi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bentuk Dan Kepolaran Molekul

Billy Ambrocius Kalay, Subandi -, Endang Budiasih

Abstract


Abstract: The Effectiveness of Argument Driven Inquiry (ADI) Learning Model in Improving the Students’ Conceptual Comprehension of Molecular Shapes and Polarity. Addressing the students’ difficulty in understanding the topic of molecular shapes and polarity, this study aims to examine the level of students’ understanding of molecular shapes and polarity as well as to look at the effectiveness of Argument Driven Inquiry (ADI) model in improving students' conceptual un- derstanding. The level of the conceptual understanding was measured using a validated CRI (Cer- tainty Response) test. This quasi-experimental study was carried out in two classes of the 8th grade of SMAN 3 Ambon. The results show that the teaching-learning process using ADI model was more effective in improving the students' concept understanding (from 5.2 to 71.2%), compared to conventional model (from 13.2 to 65.5%).

Key words: argument driven inquiry (ADI), concept understanding, molecular shape and polarity

Abstrak: Efektifitas Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Bentuk dan Kepolaran Molekul. Topik kimia tentang bentuk dan kepolaran molekul nampaknya masih dirasa sulit bagi siswa SMA, karena banyak yang masih mengalami kesalahan dan ketidak fahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa tentang bentuk dan kepolaran molekul serta menguji efektivitas pembelajaran remidi model Argument Driven Inquiry (ADI) dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Tingkat pemahaman konsep  diukur  dengan tes  CRI  (Certainty Respons Index)  termodifikasi yang  telah divalidasi, kemudian dilakukan pembelajaran remidi dengan desain eksperimen semu menggunakan dua kelas X SMAN 3 Ambon, sebagai subjek penelitian. Salah satu kelas sebagai kelas eksperimen, diberi pembelajaran remidi molel ADI dan kelas yang lainnya diberi pembelajaran remidi model konvensional (ceramah). Resistensi perbaikan konsep juga dilihat dengan tes tunda, satu bulan setelah pembelajaran remidi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 94,5% siswa di kelas eksperimen dan 86,8% di kelas kontrol yang tidak paham konsep dan salah konsep. Pembelajaran remidi model ADI lebih efektif dalam  meningkatkan jumlah siswa  yang  paham konsep (dari 5,2  menjadi 71,2%), dibandingkan model konvensional (dari 13,2 menjadi 65,5%). Hasil perbaikan konsep dengan model ADI tersebut juga mempunyai resistensi yang tinggi (95,5%), lebih tinggi dibanding retensi hasil pembelajaran konvensional (82,4%).

Kata kunci: argument driven inquiry (ADI), pemahaman konsep, bentuk dan kepolaran molekul.


Keywords


argument driven inquiry (ADI), concept understanding, molecular shape and polarity

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v23i2.10972

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats