Model Pembelajaran Pembentukan Perilaku Moral Pada Anak Kelompok Bermain

Wirdatul ‘Aini

Abstract


Abstract: Teaching-learning Model to Build Morality of Children. The present R & D was aimed at developing a model which could build children’s morality. Carried out in a setting of a play group in Padang, the research also sought to describe the effectiveness of the learning model that was used to in- stil children’s morality through habitual activities. The data were collected using test and observation sheets. The data were analyzed by using t-test. The findings show that the implementation of the learn- ing model significantly improved the children’s morality, religious values, and their social and emo- tional development. In addition, based on the teachers’ perceptions, the implementation of the model has also improved the children’s creativity.

Keyword: teaching-learning model, morality building, play group.

Abstrak: Model Pembelajaran Pembentukan Perilaku Moral pada Anak Kelompok Bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran pembentukan perilaku moral anak melalui pembiasaan di kelompok bermain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneli- tian  pengembangan dengan  melaksanakan uji  terbatas  di  lapangan  dengan  menggunakan disain eksperimen one group pretest-postest design, tanpa kelas kontrol. Sedangkan pengujian secara lebih luas dilaksanakan dengan desain eksperimen yang sama tetapi menggunakan kelas kontrol. Data dikumpul- kan menggunakan instrumen wawancara dan observasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan tek- nik statistik uji t. Temuan penelitian yang tergambar pada uji secara terbatas maupun uji secara lebih luas menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran yang dirancang efektif secara signifikan dalam pembentukan perilaku moral keseharaian anak melalui pembiasaan yang meliputi pengembangan moral, nilai-nilai agama, pengembangan sosial emosional dan kemandirian.

Kata kunci: model pembelajaran, perilaku moral, kelompok bermain


Keywords


teaching-learning model, morality building, play group.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v23i2.10976

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats