MANAJEMEN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU

Akhmad -

Abstract


Abstrak: Manajemen Sekolah Dasar Islam Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) Cordova Samarinda yang meliputi manajemen sumber daya manusia, manajemen fungsi keuangan, dukungan orang tua dalam penerapan manajemen sekolah, dan kendala yang dihadapi dalam menerapkan manajemen SDIT Cordova Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini menghasilkan temuan yang diperoleh dari data yang dikumpulkan melalui teknik observasi partisipasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitiani ini adalah peneliti sendiri sebagai key instrument, sedangkan yang menjadi informan atau sumber data adalah kepala sekolah sebagai informan kunci dan yayasan, kepala TU, wakil kepala sekolah dan orang tua siswa sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan program pengembangan sumber daya manusia di SDIT Cordova berjalan dengan baik. Strategi pengembangan guru dan pegawai dengan menggunakan pendekatan “make approach”; Sumber dana berasal dari BOS, partisipasi masyarakat, dan yayasan. Insentif yang diterima guru bermacam-macam. Partisipasi orang tua dalam manajemen sekolah dalam bidang fisik dan non fisik sudah baik.


Keywords


manajemen, sumber daya manusia, SD Islam Terpadu

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i1.8638

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats