KARAKTERISASI GERAK TUBUH PENYANDANG AUTIS DALAM MENGIDENTIFIKASI BANGUN RUANG
Abstract
Abstrak: Karakterisasi Gerak Tubuh Penyandang Autis dalam Mengidentifikasi Bangun Ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gerak tubuh penyandang autis dalam mengidentifikasi bangun ruang. Subjek penelitian adalah siswa penyandang autis di sekolah khusus autis, SLB, atau sekolah-sekolah inklusi. Pemilihan subjek dilakukan hingga diperoleh kejenuhan data. Pengumpulan data dilakuĀkan selama pembelajaran matematika tentang bangun ruang, dengan merekam aktivitas guru dan siswa menggunakan kamera audio visual. Data yang terkumpul dianalisis secara eksploratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerak tubuh penyandang autis dalam memahami bangun ruang terbagi dalam dua kategori, yaitu matching gesture dan discrepancy gesture. Matching gesture menunjukkan kesesuaian gerakan atau ekspresi wajah pada saat mengamati, menunjuk, dan mengungkap/menyebut objek yang diamati, sedangkan discrepancy gesture menunjukkan adanya ketidaksesuaian gerakan atau ekspresi wajah pada saat mengamati, menunjuk, dan mengungkap/menyebut objek yang diamati.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i1.8646
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats