EFFORT ATTRIBUTIONS IN INDONESIAN EFL CLASSROOMS

Yustinus Calvin Gai Mali

Abstract


Abstrak: Atribusi Usaha dalam Kelas Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing di Indonesia. Kajian ini meneliti penggunaan pelatihan atribusi bernama promoting students’ effort attributions (Dornyei, 2001) dan secara khusus menyelidiki atribusi dari dua puluh sembilan mahasiswa Indonesia dari kelas berbicara dan menulis Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universi­tas Dunia Indonesia (ED-DU), sebelum dan sesudah mereka menyelesaikan pelatihan tersebut. Kajian ini juga memperinci usaha yang mahasiswa lakukan di kelas sebagai bagian dari pelatihan tersebut. Untuk mencapai tujuan ini, saya membagikan angket pada awal dan akhir semester dan meminta para mahasiwa untuk menulis jurnal refleksi mingguan sepanjang 150-200 kata yang menjelaskan secara lengkap tan­tangan berkaitan dengan tugas Bahasa mereka, strategi untuk menghadapi tantangan tersebut, dan hal yang mereka dapat pelajari dari pengalaman tersebut. Analisa data nampak mengindikasikan bahwa keberhasil­an pelatihan atribusi hanya terjadi pada mahasiswa di kelas menulis, namun kajian ini tetap menegaskan pentingnya pelatihan tersebut pada pencapaian akademik para mahasiswa.


Keywords


pelatihan atribusi, attribusi usaha berbicara, menulis

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i1.8648

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats