PENGARUH PEMBELAJARAN INTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Muhiddin Palennari

Abstract


Abstrak: Pengaruh Pembelajaran Integrasi Problem Based Learning dan Kooperatif Jigsaw terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 4 jenis strategi pembelajaran
yaitu integrasi PBL dan kooperatif Jigsaw, PBL, kooperatif Jigsaw, dan konvensional terhadap
peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa berkemampuan akademik berbeda pada perkuliahan
Biologi Dasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu pretest-postest nonequivalent
control group design pola faktorial 4 x 2. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah 4 jenis strategi
pembelajaran, sedangkan kemampuan akademik (bawah dan atas) sebagai variabel moderator. Variabel terikatnya
adalah peningkatan keterampilan berpikir kritis yang diukur menggunakan tes pemahaman konsep
Biologi Dasar terintegrasi. Data dianalisis dengan anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
perkuliahan Biologi Dasar: (1) strategi pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir
kritis mahasiswa, dan pengaruh tertinggi terjadi jika dibelajarkan dengan strategi integrasi PBLJigsaw,
sedangkan peningkatan pada ketiga strategi yang lain relatif sama; (2) kemampuan akademik tidak
berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis, artinya mahasiswa berkemampuan atas dan
bawah sama-sama memperoleh peningkatan ketrampilan berpikir kritis yang relativ sama; dan (3) interaksi
antara strategi pembelajaran dan kemampuan akademik tidak berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan
berpikir kritis mahasiswa.

Keywords


PBL, Integrasi PBL-Jigsaw, Jigsaw, kemampuan akademik, keterampilan berpikir kritis

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i1.8656

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats