PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP PEMAHAMAN DAN PENERAPAN KONSEP IPS SISWA KELAS VII SMPN

Agus Purwowidodo

Abstract


Abstrak: Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Berpikir Terhadap Pemahaman dan Penerapan
Konsep IPS Siswa Kelas VII SMPN. Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh strategi pembelajaran
dan gaya berpikir terhadap pemahaman dan penerapan konsep IPS. Penelitian ini menggunakan
desain eksperimen semu dengan pengukuran dua faktor, yaitu strategi pembelajaran (generatif dan ekspositori)
dan gaya berpikir (divergen dan konvergen) terhadap hasil belajar pemahaman konsep dan menerapkan
konsep IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pemahaman dan menerapkan konsep
IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran generatif lebih tinggi daripada penggunaan strategi pembelajaran
ekspositori. Hasil belajar pemahaman dan menerapkan konsep IPS siswa dengan gaya berpikir
divergen lebih tinggi hasil belajar dibandingkan siswa dengan gaya berpikir konvergen. Strategi pembelajaran
berbeda dan gaya berpikir menunjukkan adanya pengaruh interaksi terhadap hasil belajar pemahaman
dan menerapkan konsep.

Keywords


strategi pembelajaran, gaya berpikir, ilmu pengetahuan sosial

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i2.8726

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats