PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EVENT LOGGING SYSTEMS UNTUK ANALISIS PERILAKU BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Event Logging Systems untuk Analisis Perilaku
Belajar Siswa. Saat ini, banyak media pembelajaran menyediakan modul penting dengan memanfaatkan
multimedia. Namun, tantangan yang masih belum terpecahkan adalah suatu framework yang
mengintegrasikan dua aspek, yaitu media pembelajaran berbasis multimedia dan system berbasis event
logging untuk mencatat respon dan perilaku siswa. Sehingga, setiap kegiatan yang dilakukan oleh siswa
akan dicatat oleh sistem, dan kemudian kita dapat menganalisis perilaku mereka berdasarkan data log yang
bersifat obyektif dan akurat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu platform
yang menyediakan dua modul penting tersebut. Untuk menguji aplikasi ini, kami telah melakukan
beberapa eksperimen yang melibatkan siswa SMK di Bandung. Berdasarkan pengujian pada sistem ini,
guru dapat mengetahui kecenderungan minat siswa terhadap suatu media pembelajaran. Di sisi lain, peserta
didik juga dapat memperoleh rekomendasi yang berguna, seperti apa jenis multimedia yang cocok (yaitu
berbasis teks, audio, video, dan ceramah).
Belajar Siswa. Saat ini, banyak media pembelajaran menyediakan modul penting dengan memanfaatkan
multimedia. Namun, tantangan yang masih belum terpecahkan adalah suatu framework yang
mengintegrasikan dua aspek, yaitu media pembelajaran berbasis multimedia dan system berbasis event
logging untuk mencatat respon dan perilaku siswa. Sehingga, setiap kegiatan yang dilakukan oleh siswa
akan dicatat oleh sistem, dan kemudian kita dapat menganalisis perilaku mereka berdasarkan data log yang
bersifat obyektif dan akurat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu platform
yang menyediakan dua modul penting tersebut. Untuk menguji aplikasi ini, kami telah melakukan
beberapa eksperimen yang melibatkan siswa SMK di Bandung. Berdasarkan pengujian pada sistem ini,
guru dapat mengetahui kecenderungan minat siswa terhadap suatu media pembelajaran. Di sisi lain, peserta
didik juga dapat memperoleh rekomendasi yang berguna, seperti apa jenis multimedia yang cocok (yaitu
berbasis teks, audio, video, dan ceramah).
Keywords
event logging system, aktivitas siswa, media pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i2.8731
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats