PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPS TERPADU BERBASIS LINGKUNGAN

Prasetyo Adi Nugroho

Abstract


Abstrak: Pengembangan Model Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Lingkungan. Pembelajaran
IPS berbasis lingkungan di sekolah mengindikasikan bahwa pembelajaran tersebut terisolasi dari kehidupan
nyata peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan dan keefektifan hasil
pengembangan model pembelajaran IPS terpadu berbasis lingkungan hidup untuk mewujudkan karakteristik
powerful learning IPS dan kurikulum berbasis lingkungan program Adiwiyata. Menggunakan metode
Research and Development dengan merujuk Four-D Model, model pembelajaran yang dikembangkan
layak digunakan berdasarkan penilaian ahli, dengan skor tertinggi 96,4%. Model pembelajaran dinyatakan
efektif untuk mengembangkan pengetahuan dan sikap peduli lingkungan melalui kegiatan menulis. Hasil
perhitungan rata-rata ketuntasan individual pada pre-test adalah sebesar 65,6 dan post-test sebesar 74,4.
Hasil ini menunjukan kenaikan skor sebesar 8,8. Berdasarkan hasil perhitungan ketuntasan klasikal, siswa
dinyatakan tuntas pada pre-test sebesar 29,4% dan post-test sebesar 76,4 %, yang menunjukkan kenaikan
secara signifikan sebesar 47%. Kegiatan menulis bagi siswa merupakan upaya guru dalam rangka menerima
dan mengembangkan potensi siswa. Hal ini sejalan dengan konsep psikologi humanistik.

Keywords


model pembelajaran, ips terpadu, lingkungan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i2.8732

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats