SUPERVISI BUDAYA DALAM MENINGKATKAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI TAMAN KANAK-KANAK

Ahmad Samawi, Retno Tri Wulandari, Eny Nur Aisyah

Abstract


Abstrak: Supervisi Budaya Dalam Meningkatkan Implementasi Kurikulum 2013 di Taman
Kanak-Kanak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan supervisi dalam konteks budaya
untuk membantu guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan penelitian
ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Populasi penelitian pengembangan ini ialah
seluruh para guru pengawas /kepala sekolah TK dan anak TK di kota Malang. Sampel 5% diambil secara
purposive random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian
diketahui bahwa supervisi untuk sudah dilaksanakan dengan baik, tetapi belum memperhatikan faktor budaya
sehingga para guru masih mengalami kesulitan menerapkan kurikulum 2013 dalam pembelajaran di
kelas.

Keywords


supervisi, budaya, kurikulum PAUD 2013

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i2.8733

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats