TINGKAT RANAH PENILAIAN PADA KEAHLIAN TEKNIK BATU DAN BETON SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Abstrak: Tingkat Ranah Penilaian pada Keahlian Teknik Batu dan Beton Sekolah Menengah Kejuruan.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat ranah penilaian keterampilan kognitif, komunikasi,
dan manajerial. Populasi penelitian ini adalah Keahlian Teknik Batu dan Beton SMK Negeri di Jawa Timur,
dengan sampel lima Keahlian Teknik Batu dan Beton. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan
angket, serta dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian (1) berdasar pendapat guru proporsi tingkat ranah
soal ujian adalah hampir merata dari C1- C6 dengan proporsi terbesar pada C3 = 22,86%, sedang berdasar
soal yang dibuat oleh guru tingkat ranah yang ada meliputi C1- C3 dengan proporsi terbesar pada C1 =
40,42% masuk lower order thinking. (2) persentase terbesar (59%) guru berpendapat bahwa tingkat keterampilan
komunikasi minimal siswa adalah mampu berkomunikasi dengan lancar dan mudah dipahami,
dan persentase terbesar (38,10%) guru berpendapat bahwa tingkat keterampilan manajerial siswa adalah
mampu mengkoordinasi kelompok dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat ranah penilaian keterampilan kognitif, komunikasi,
dan manajerial. Populasi penelitian ini adalah Keahlian Teknik Batu dan Beton SMK Negeri di Jawa Timur,
dengan sampel lima Keahlian Teknik Batu dan Beton. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan
angket, serta dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian (1) berdasar pendapat guru proporsi tingkat ranah
soal ujian adalah hampir merata dari C1- C6 dengan proporsi terbesar pada C3 = 22,86%, sedang berdasar
soal yang dibuat oleh guru tingkat ranah yang ada meliputi C1- C3 dengan proporsi terbesar pada C1 =
40,42% masuk lower order thinking. (2) persentase terbesar (59%) guru berpendapat bahwa tingkat keterampilan
komunikasi minimal siswa adalah mampu berkomunikasi dengan lancar dan mudah dipahami,
dan persentase terbesar (38,10%) guru berpendapat bahwa tingkat keterampilan manajerial siswa adalah
mampu mengkoordinasi kelompok dengan baik.
Keywords
kognitif, komunikasi, manajerial
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i2.8742
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats