RELATIONSHIPS BETWEEN BELIEFS ABOUT GROUP WORK, MOTIVATION, COMMUNICATION CONFIDENCE, AND WILLINGNESS TO COMMUNICATE IN GROUP WORK

Wigati Dyah Prasasti, Ive Emaliana, Widya Caterine Perdhani, Ali Saukah

Abstract


Abstrak: Hubungan antara Keyakinan tentang Kerja Kelompok, Motivasi, Kepercayaan Diri dalam
Berkomunikasi, dan Kesediaan Berkomunikasi dalam Kerja Kelompok. Kerja kelompok telah
digunakan dalam ruang kelas Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) untuk mengembangkan kompetensi
komunikasi siswa dalam bahasa Inggris karena pergeseran orientasi dari pembelajaran tradisional
menjadi komunikatif. Artikel ini memaparkan hubungan antara empat faktor dalam kerja kelompok
dengan menggunakan bahasa asing: keyakinan tentang kerja kelompok, kepercayaan diri dalam berkomunikasi,
motivasi, dan kesediaan untuk berkomunikasi. Kuesioner diberikan kepada 100 pembelajar bahasa
Inggris sebagai bahasa asing yang sedang mengambil gelar master mereka dalam program Pengajaran Bahasa
Inggris di salah satu universitas negeri di Indonesia. Dirumuskan sebuah model hubungan kesediaan
untuk berkomunikasi dalam kelompok kerja dengan bahasa Inggris sebagai bahasa asing ditentukan oleh
keyakinan dalam kelompok kerja dan diperkuat oleh motivasi dan kepercayaan diri dalam berkomunikasi.
Pemodelan persamaan struktural digunakan untuk mengkonfirmasi model. Temuan menunjukkan bahwa
keyakinan tentang kelompok kerja dengan menggunakan bahasa Inggris memiliki pengaruh yang relatif
kuat terhadap kesediaan untuk berkomunikasi di dalam kelompok kerja melalui motivasi dan kepercayaan
diri dalam berkomunikasi. Sebaliknya kepercayaan diri dalam berkomunikasi dalam kelompok kerja
dengan menggunakan bahasa Inggris memiliki hubungan langsung yang negatif terhadap kesediaan untuk
berkomunikasi dalam kelompok kerja dengan menggunakan bahasa Inggris. Karakteristik belajar siswa
mempengaruhi kepercayaan diri mereka dalam berkomunikasi seperti ditegaskan oleh hasil wawancara
mendalam.

Keywords


kerja kelompok, kesediaan berkomunikasi, kepercayaan diri

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v22i2.8743

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats