HUBUNGAN STATUS AKREDITASI DAN KUALITAS SEKOLAH

Charisma Dewi Setiyaningsih

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat akreditasi sekolah, (2) tingkat kulitas sekolah, (3) hubungan antara status akreditasi sekolah dengan kualitas sekolah. Penelitian ini menggunaan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian adalah 65 Sekolah Dasar (SD) Negeri di Kota Batu, dan menggunakan teknik area sampling. Selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian ini adalah: mayoritas sekolah adalah terakreditasi B sebanyak 26%, kualitas sekolah berada dalam kategori tinggi, dan terdapat hubungan antara status akreditasi sekolah dengan kualitas sekolah.


Keywords


status akreditasi sekolah, kualitas sekolah

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Almawadi. 2007. Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. (Online), (http://digilib.uin-suka.ac.id/837/1/BAB%20I%20BAB%20IV&20DP.pdf), diakses 6 November 2015

Efianingrum, A. 2008. Kultur Sekolah Untuk Mengembangkan Good School. (Online), (http%3A%2F%2Fstaff.uny.ac.id%2Fsites%2Fdefault% 2Ffiles%2Ftmp%2FKultur%2520Sekolah%2520%26%2520Good%2520School.pdf), diakses 19 Januari 2016

Tjiptono, F. & Diana, A. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 29 tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Sekolah dan Madrasah. Badan Standar Nasional Pendidikan. (Online), (http://bsnp-indonesia.org), diakses 6 November 2015.

Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Akreditasi Sekolah atau Madrasah. Badan Standar Nasional Pendidikan. (Online), (http://bsnp-indonesia.org), diakses 6 November 2015.

Sa'ud, U. S., Sururi & Hartini, N. 2007. Pengaruh Akreditasi Terhadap Kualitas Pendidikan (Studi tentang Pengaruh Akreditasi Terhadap Kualitas Pendidikan di SMA se-Kota Bandung). (Online), (Pengaruh-Akreditasi-Terhadap-Kualitas-Pendidikan-(Studi-Tentang--Pengaruh-Akreditasi-Terhadap-Kualitas-Pendidikan-Di-Sekolah-Menengah-Atas-Se-Kota-Bandung) .doc), diakses 13 Januari 2015.

Soetopo, H. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah & Kurikulum Berbasis Kompetensi. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Sopiatin, S. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sukardjo, M.& Komarudin, U. 2009.Landasan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Suyatno, T. 2015. Faktor-faktor Penentu Kualitas Pendidikan Sekolah Menengah Umum di Jakarta. (Online), (http://www.stiks-tarakanita.ac.id/files/jurnal %%2520Vol.%25201%%2520No.%2520%/141.%2520Faktor-faktor%2520penentu%2520kualitas%2520pendidikan%2520SMU%2520((%2520thomas).pdf), diakses 6 November 2015.

Undang-Undang RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kementerian Dalam Negeri. (Online), (kemenag.go.id/file/dokumen/ UU2003.pdf), diakses 13 Januari 2013.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.