HUBUNGAN ANTARA KEIKUTSERTAAN DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN DAN KINERJA PROFESIONAL GURU

Rita Aprilianti Rukmana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keikutsertaan dalam program pengembangan dan kinerja profesional guru SMK Negeri se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson. Temuan penelitian menunjukkan hubungan keikutsertaan dalam program pengembangan dan kinerja profesional guru adalah 2,56% termasuk dalam kategori tinggi, 78,20% responden termasuk dalam kategori sedang, 19,23% responden masuk dalam kategori rendah, sedangkan skor rata-rata program pengembangan adalah 98,20 dan kinerja profesional 107,48 sehingga termasuk dalam kriteria sedang.

Keywords


keikutsertaan dalam program pengembangan, kinerja profesional, guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, A. 2010. Pengertian Kinerja Guru, (Online), (http://pengertian_kinerja_guru.blogspot.com), diakses 19 Januari 2015.

Danarto, B.K. 2008. Hubungan antara Teknik Pembinaan dengan Kinerja Staf Administrasi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Propinsi Jawa Tengah. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Danim, S. 2010. Karya Tulis Inovatif: Sebuah Pengembangan Profesional. Bandung: Rosdakarya.

Donnely & Invancevich. 1996. Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses. Bina Rupa Aksara: Jakarta.

Flippo, E.B. (2005). Manajemen Personalia. Jakarta: Grafindo.

Kasim, M. 2009. Makalah Masalah Pendidikan di Indonesia, (Online), (https://meilanikasim.wordpress.com/2009/03/08/makalah-masalah-pendidikan-di-indonesia/), diakses 20 Januari 2016.

Mangkunegara, A.A.A.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mangkunegara, A.A.A.P. 2006. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Manullang, M. & Manullang, M. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Minarti, S. 2011. Manajemen Sekolah: Mengelola embaga Pendidikan secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyana. A.Z. 2010. Rahasia Menjadi Guru Yang Hebat. Jakarta: Gramedia

Musarofah. 2008. Kinerja Guru di MTs Al-Wathoniyah 1 Cilungup, Duren Sawit- Jakarta Timur (Pdf), (Online), (http://www.riwayat.web.id), diakses 19 Januari 2015.

Poerwanto, M.N. 2002. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saputra, U. 2014. Pengembangan Kinerja Guru, (Online), (https://uharsputra.wordpress.com/supervision/pkb-guru/pengembangan-kinerja-guru/), diakses 1 April 2015.

Sedarmayanti. 2001.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sikula, A.E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga.

Suwatno & Priansa, D.J. 2011. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Triono, D. 2008. Hubungan Motivasi kerja dengan Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kecamatan Jombang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Pendidikan Tinggi (sindiker.dikti.go.id/dok/UU/UUNo142005(Guru%20&%20Dosen).pdf), diakses 10 januari 2016.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2010. Bandung: Citra Umbara.

Uno, H.B. & Lamatenggo, N. 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyani, N. A. 2012. Teacherpreneurship: Gagasan & Upaya Menumbuhkembangkan Jiwa Kewirausahaan Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiyono, B. B. 2007. Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang Fakultas Ilmu Pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
JMKSP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. klik untuk melihat statistik