MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKOLAH DASAR ISLAM

Achmad Achmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova Samarinda yang meliputi: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengawasan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia, di Sekolah Dasar Islam Terpadu Cordova Samarinda.

Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini menghasilkan temuan yang diperoleh dari data-data yang dikumpulkan melalui teknik observasi partisipasi, wawancara  mendalam dan studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitiani ini adalah peneliti sendiri sebagai key instrument, sedangkan yang menjadi informan atau sumber data adalah Kepala Sekolah sebagai informan kunci dan Yayasan, Kepala TU, dan Wakil Kepala Sekolah sebagai informan pendukung.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan program pengembangan SDM (Guru) dilakukan pada awal tahun ajaran baru melalui workshop. Strategi pengembangan guru dengan menggunakan pendekatan “make approach” yaitu pendidikan dan pelatihan. (2) Pengorganisasian dalam program SDM (Guru) dilakukan dengan membentuk kepanitiaan dan pembagian tugas dan tanggungjawab terhadap pelaksanaan program. (3) Pelaksanaan program pengembangan SDM (Guru) telah berjalanan sesuai dengan perencanaan. (4) Pengawasan dalam pelaksanaan program pengembangan SDM (Guru) di dilakukan oleh kepala sekolah bersama dengan yayasan secara langsung maupun tidak langsung melalui laporan panitia pelaksana kegiatan.


Keywords


Manajemen, Pengembangan SDM, Sekolah Dasar Islam Terpadu

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Alan Coetzer, Helen Sitlington. (2014). Using research informed approaches to Strategic Human Resource Management teaching, The International Journal of Management Education No. 12, pp. 223-234

Alwi S., (2001). Manajemen Sumberdaya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitif. EdisiI. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Andrew J. Dubrin. (1990). Essentials of Manajemen West Chicago: Sounth-Western Publising Co

Deddy Mulyana. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Gillian Forster and John Fenwick. (2015). The influence of Islamic values on management practice in Morocco, Journal European Management Vol. 33, pp. 143-156

Handoko Hani, 2003. Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE

Hasibuan, Melayu Hasbi S.P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Kreitner R.J., (1995). Management. 6th Edition, Houghton Mifflin Company,USA.

Maisah. (2013). Manajemen Pendidikan, Referensi (Gaung Persada Press Group), Jakarta.

Miles, Matthew B,dan A.Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, Universitas Indonesia–Press, Jakarta

Moelong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mukhamad Ilyasin. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Sekolah Islam Terpadu, Cetakan pertama, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAIN, Samarinda

Syukur Fatah. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan PT. Pustaka Rizki Putra, Semarang.

Sugiyono. (2013). Metetode Penelitian Manajemen, Alfabeta Bandung.

Suparlan. (2013). Mnajemen Berbasis Sekolah ; dari Teori sampai Praktik, Bumi Aksara, Jakarta.

Yeti Heryati dan Mumuh Muhsin. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung, hal. 10-11

Yuliusn Eka Agung Saputra. (2014). Manajemen dan Perilaku Organisasi, Graha Ilmu, Yogyakarta, hal. 3

Uhar Suharsaputra. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif danTindakan, PT. Rafika Aditama, Bandung.

Usman, Husaini, 2014. Manajemen: teori, praktik, dan riset pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Wukir, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Sekolah, Multi Pressindo, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.