Transformasi Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Siswa SMK

Sitti Roskina Mas

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan (1) nilai-nilai kewirausahaan  yang ditransformasikan pada siswa, (2) strategi  dalam mentransformasikan    nilai- nilai kewirausahaan pada siswa, dan   (3) dukungan kepala sekolah dalam mentranformasikan nilai-nilai kewirausahaan pada siswa SMK Negeri I Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui:  wawancara,  observasi, dan  dokumentasi. Analisis data menggunakan alur: reduksi ,  penyajian , dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan: kredibilitas, transfermabalitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan (1) nilai-nilai  kewirausahaan yang ditransformasikan pada siswa adalah: (a) percaya diri, (b) breorientasi pada tugas dan hasil, (c) berani mengambil resiko, (d) bertanggung jawab, (e) jujur, (f) kerja keras, (g) dapat menjadi pemimpin, (h) berorientasi kemasa depan dan  (i) keorsinilan; (2) strategi yang digunakan dalam  mentransformasikan nilai-nilai kewirausahaan dilakukan melalui kegiatan praktek pada unit produksi, bisnis center, ruang praktek, dan praktek di dunia usaha/ industri, dan (3) dukungan kepala sekolah dalam mentransformasikan nilai-nilai kewirausahaan adalah  selalu memberikan arahan dan bimbingan, keteladanan serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang kegiatan pelaksanaan praktek di seluruh unit produksi, ruang-ruang praktek,  bisnis center, dan praktek di dunia usaha/industri agar dapat mengembangkan jiwa dan watak kewirausahaan siswa .

Keywords


transformasi; nilai-nilai kewirausahaan; unit produksi

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Chandra, P.E. 2007. Cara Gila Jadi Pengusaha Virus Entrepreneur Jadi Pengusaha Sukses. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo.

Dawam, Rahardjo. 1995. Dunia Pesantren dalam Peta Pembaruan, dalam

Pesantren dan Pembaruan. Jakarta: LP3ES.

Direktorat Pembinaan SMK.2006. Pengembangan Unit Produksi di SMK.

Hadiwardoyo, 1985. Moral dan Masalahnya. Yogyakarta: Kanisius.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Methodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahan Pembelajaran Diklat Calon Kepala Sekolah Latihan Kepemimpinan. Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia.

Notohamidjojo . 1975. Soal-Soal Pokok Filsafat Hukum. Salatiga: Griya Media

Prawirokusumo, Soeharto. 1997. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil.

Yogyakarta: BPFE.

Rivai, V & Sagala, J. 2010. Manejemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari

Toeri ke Praktek. Jakarta: Rajawali Press.

Roskina, Mas. 2014. The Implementation of The School Principal’s Entrepreneurship Competence in The Management of Educational Hotel in SMKN 3 Malang. International Journal of Applied Business and Economic Research. Volume 12Nomor 4Desember 2014: 1331-1342.

Zimmerer, T.W., Scarborough, N. 1996. Entrepreneurship The New Venture Formation. Prentice-Hall Internasional, Inc.

Suryana. 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju

Sukses, Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.