The Implementation of 7 Ps (Marketing Mix) Strategies in Building Network of Partnership towards an Independent the Early Childhood Institution

Hasbi Sjamsir, Baldwine Honest Gunarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan: (1)proses pengembangan jejaring kemitraan di PAUD Handayani 4 dengan menerapkan Strategi 7 Ps (2) proses pengembangan lembaga PAUD Handayani 4 menjadi PAUD yang mandiri dengan jejaring kemitraan yang ada.Metode yang dilakukan dalam pengumpulan dan perekaman data meliputi : (1) Metode wawancara yang dilakukan terhadap individu-individu yang mengetahui perkembangan PAUD Handayani 4 sejak berdiri sampai saat penelitian ini dilakukan, yaitu terdiri dari Bunda PAUD Kota Balikpapan, yaitu ibu walikota Balikpapan, Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Kepala SKB Balikpapan Selatan, Penilik PAUD Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, Mitra, Wali murid, orangtua alumni murid, pengeloa PAUD lain, dan ketua RT setempat sebagai metode utama untuk mengumpulkan data mengenai proses pengembangan jejaring kemitraan di PAUD Handayani 4 dengan menerapkan strategi 7 Ps sehingga menjadi PAUD yang mandiri.  (2) Metode pengamatan berperan serta (observasi partisipatif), dan (3) metode dokumentasi, sebagai metode penunjang untuk memperoleh data/fakta di lapangan. Teknik analisa yang digunakan dari berbagai sumber, baik dari wawancara, pengamatan, dan catatan lapangan diklarifikasi sesuai dengan karakteristik masing-masing. Data dari hasil perekaman ditranskripsikan dan dikelompokkan kemudian dianalisis menggunakan tahapan model alir, yang dimulai dengan  (a)reduksi data, (b) penyajian data, dan (c) penarikan simpulan dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi 7 Ps  (Marketing Mix) yang diterapkan di lembaga PAUD Handayani 4 Balikpapan dapat untuk mengembangkan jejaring kemitraan dan mejadikan PAUD Handayani 4 menjadi PAUD yang mandiri.


Keywords


implementation; 7 Ps strategy; Partnerships; Independent

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Barbora, Novotna. 2013. A Promotional Plan for the Newly Established Kindergarten with Montessori Style of Education. Tomas Bata University in Zlin. Faculty of Humanities

Bay, Mark, 2009.Community Partnerships in Education: Dimensions, Variations, and Implications.The University of Hongkong. Pokfulam Road, Hong Kong, China.

Baumgartner, Nicole et al. 2009 New Marketing Mix for the Rhein International Academy.Project work, International Management.University of Applied Sciences Northwestern Switzerland.

Beddo, Sandra , 2013, Whãnau Contributions Strategic Promoting High Quality in Kindergartens (Wellington, New Zealand )

Direktorat Pembinaan Kursus dan Kelembagaan, Dirjend PNFI Kemdiknas , 2010, Membangun Jejaring Kerja (Kemitraan)

Dimyati, dan Mudjiono, 2011, Belajar dan Pembelajaran ,Jakarta : Rineka Cipta

European Association for International Education.Four Steps for Creating Suistainable Partnerships.

Eko Marwanto, Marketing Mix 7P, 2012, http://www.ekomarwanto.com/2012/04/marketing-mix-7p-produk-price-promotion.html

Fachrurazi, 2011, Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematika Sekolah Dasar, Edisi Khusus 1:76

Fasli Jalal dan Dedi Supriadi.Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adi Cita, 2001.

Hamid, Muhammad 2007.Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama

Hartoyo, 2015. Jaring Kerjasama Baru Untuk Dunia Pendidikan

Haryanto, 2007.Akuntansi Sektor Publik. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Husaini Usman, 2014. Manajemen, Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta

Hurriyati, Ratih, 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung, Alfabeta

http://carapedia.com/pengertian_definisi_strategi_info2036.html

https://elfalasy88.wordpress.com/2010/12/01/akuntabilitas-pendidikan/

http://karyatulisilmiah.com/upaya-upaya-peningkatan-akuntabilitas-dalam-manajemen-berbasis-sekolah-mbs/

Ion Constantin Enache, 2011.Marketing Higher Education Using the Ps Framework.Bulletin of the Transilvania University of Braşov • Vol. 4 (53) •No. 1 - 2011 Series V: Economic Sciences

Jonathan Ivy, 2008. "A new higher education marketing mix: the 7Ps for MBA marketing", International Journal of Educational Management, Vol. 22 Iss: 4, pp.288 - 299

Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan TK dan SD, 2010, Jakarta, 2010

Lampiran Peraturan Menteri nomor 58 tahun 2009 tentang Standar PAUD, khususnya standar pengelolaan

Malahayati, Farida, 2013, Implementasi Strategihttps://farnidaassignment.wordpress.com/2012/10/13/

pengantar-manajemen-implementasi-strategi/

Maria Octavia, Adji Nugroho, 2012. Perancangan Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Program Penitipan Anak Harian Taman Bermain dan Belajar Eduard Michelis Semarang.

Mile MB dan Huberman, 2007 Analisi Data Kualitatif. Buku sumber tentang Metode baru, Jakarta, UI

Minarti, Sri, 2011. Manajemen Sekolah. Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Mulyasa, E. 2004.Manajemen Berbasis Sekolah ( Konsep, Strategi dan Impelementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Mulyasa, E. 2008, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung : PT.Remaja Rosdakarya

Mujahid, Alwi .2013. Strategi Mengembangkan Kemitraan dalam Meningkatkan Kemandirian Lembaga.Lembang, Bandung

Nicole Baumgartner, et al. 2009 New Marketing Mix for the Rhein International Academy.Project work, International Management.University of Applied Sciences Northwestern Switzerland.

Nor Asiah, Siti, 2013.Implementasi Strategi Marketing Mix dalam Pengembangan Lembaga PAUD Di TK Fastabiqul Khairat. Samarinda, tesis

Nurhasyim. 2004. Pengembangan Model Pelayanan Haji Departemen Agama Berdasarkan Prinsip Reinventing Government Yang Berorientasi Pada Pelanggan di Kabupaten Gresik. Tesis. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga.

Ohilip, Kotler, 2004, Marketing Insights From A to Z ( 80 Konsep yang harus dipahami oleh setiap manajer), Erlangga, Jakarta

Peraturan Presiden RI nomor 60 tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif,

Permen DIKBUD no 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD

Project Management Institute, Inc. 2013. The Essential Role of Communications in Education Field. Newtown Square, PA. USA

Rahardjo, Budi, 2009, Disertasi Doktor : “Kecerdasan Interpersonal Anak usia Dini dan Keluarga di TK At Taqwa Rawamangun Jakarta Timur tahun 2009 “, Universitas Negri Jakarta

Rohim, Syaiful , 2009. Teori Komunikasi Perspektif, Ragam dan Aplikasi. PT. Rineka Cipta.Jakarta

Rosemarie SN. 2010. Akuntabilitas sebagai Upaya Peningkatan Kualiatas Pendidikan. Jurnal.

Slamet PH. 2005. Handout Kepala Sekolah Desentralisasi Pendidikan di Indonesia. (Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Depdiknas RI),

Singarimbun Masri et.al. 1989. Metode Penelitian Survei. Jakarta. LP3ES

Suara Kaltimpost diakses pada hari Minggu, 17 Juni, 2012.

Suryosubroto, B, 2004, Manajemen Pendidikan di Sekolah , PT. Rineka Cipta, Jakarta

Terry, George R., 1978, Principle of Management, Homewood Illinois: Richard D. Irwill Inc

Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 28

Wijaya, Jenu , 2003, Marketing Manajemen Pendekatan Nilai-nilai Pelanggan, Surabaya, Bayumedia,

Yin, R. K. 2009.Case study research: Design and methods (4th Ed.). Thousand Oaks, CA: Sage

Zahroh, Aminatul, 2014, Total Quality Manajement, Ar-Ruzz Media

Zainal Abidin Mohamed, 2009. Analysis of the Use of the Blue Ocean Strategy: Case Study Analysis on 14 Different Agencies

Zamroni, 2000.Paradigm Pendidikan Masa Depan. BIGRAF Pubilishing, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.