KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN PADA SEKOLAH EFEKTIF

Besse Marhawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah perempuan pada sekolah efektif di MIT Al-Ishlah Kota Gorontalo.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan  atau verifikasi yang diperoleh melalui catatan hasil observasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) strategi kepala sekolah perempuan dalam mencapai sekolah efektif di MIT Al-Ishlah Kota Gorontalo yang meliputi: (a) optimalisasi pembelajaran, (b) memberdayakan potensi siswa, dan (c) menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung prestasi siswa; (2) faktor- faktor pendukung dalam meningkatkan prestasi siswa di MIT Al-Ishlah Kota Gorontalo meliputi: (a) input siswa yang unggul dan terseleksi, diprioritaskan bagi lulusan RA Al-Ishlah, tetapi juga terbuka untuk umum melalui iklan dengan sistem rangking yang didasarkan pada hasil testing yang terdiri tes psikologi (kemandirian), tes akademik (berhitung dan membaca), tes keterampilan (hafalan surah pendek); dan (b) memperoleh dukungan dari komponen sekolah.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Bogdan, R.C. & Biklen, S.K.1982. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Fauzuddin. 2011. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Disertasi. Program Pascasarjana universitas Negeri Malang. Tidak dipublikasikan.

Harris, C & Bennet. 1985. Organizational Theory and Design: Strategic Approach for Management. New York: McGraw-Hill Book Company.

Kartono, Kartini. 2002. Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah pemimpin abnormal itu?. Jakarta: CV. Rajawali.

Owens, R. G. 1991. Organizational Behavior in Education. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall International Inc.

Rimmer, C & Davis, B. 1986. Women Principle in Education Departemen, High School in Victoria: The Journal of Education Administration. XXIII (2), 153-187,E.

Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi (Edisi Bahasa Indonesia). PT. Indeks: Gramedia

Sergiovanni, TJ. 1987. The Principleship, A Reflective Practice Perspective. London: Allyn and Bacon, Inc

.

Slavin, Robert E. 2009. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik (Edisi Kesembilan, Jilid 1). Terjemahan Marianto Samosir. 2011. Jakarta: Indeks.

Suking, Arifin. 2013. Manajemen Peserta Didik Pada Sekolah Efektif. Disertasi. Program Pascasarjana universitas Negeri Malang. Tidak dipublikasikan.

Tan, Melly G (ed). 1991. Perempuan Indonesia Pemimpin Masa Depan?. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Ulfatin, Nurul. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori Dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.