MANAJEMEN PELATIHAN VOKASIONAL BAGI PENYANDANG DISABILITAS DAKSA

Bambang Tjahjono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pelatihan vokasional dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia penyandang disabilitas daksa serta untuk menemukan faktor kekuatan menemukan solusi terhadap tantangan yang muncul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskripsi untuk menghasilkan informasi tentang manajemen pelatihan vokasional penyandang disabilitas daksa. Pemilihan informasi data dilakukan dengan teknik porpusive meliputi para kepala bidang, para kepala seksi, instruktur/pembimbing, dan peserta pelatihan. Dalam pengumpulan data, digunakan teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Ketiganya dilakukan dengan mekanisme trianggulasi atas jawaban-jawaban subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pelatihan belum mampu mendorong penyandang disabilitas daksa ke arah yang lebih berdaya. Mereka belum cukup memiliki keterampilan kerja yang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan sebagai modal menghadapi kehidupannya, meskipun secara sosial sudah mampu melakukan relasi dengan masyarakat secara wajar

Keywords


manajemen pelatihan; penyandang disabilitas daksa

Full Text:

PDF

References


Kalimantara, B.R.F. 2016. Manajemen Quality Assurance Sebagai Upaya Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Sekolah. Jurnal Manajemen Supervisi Pendidikan. 1 (1): 201-2012.

Lincoln, Y.S., Guba, E.G.L. 2002. Naturalistic Inquiry. 4th Edition. Beverly Hill, Ca: Sage Publication, Inc.

Maharani, D.F., Sumarno, B. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Aritmetika Sosial Untuk Siswa Smp Kelas VII. Pengembangan Media Pembelajaran. 5 (4): 1-9.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 1998 Tentang Upaya Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat.

Triwiyanto, T. 2013. Pemetaan Mutu Manajemen Berbasis Sekolah Melalui Audit Manajemen Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan. 24 (2): 125-135.

Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
JMKSP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. klik untuk melihat statistik