Strategi Sekolah dalam Menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) Berbasis ISO 9001:2015

Antonius Widi Nugroho

Abstract


Pendidikan berperan sangat penting dalam peningkatan sumber daya manusia. Oleh karena itu, mutu pendidikan yang ada di Indonesia harus ditingkatkan. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) berbasis ISO 9001:2015. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SMAK St. AlbertusMalang. SMAK St. Albertus Malang telah menerapkan SMM ISO 9001:2015 terutama tentang tanggung jawab manajemen yang terdiri dari komitmen manajemen, fokus pelanggan, kebijakan mutu, perencanaan manajemen, tanggung jawab, wewenang dan komunikasi serta tinjauan manajemen dengan baik. Akan tetapi pelaksanaannya belum maksimal serta belum mengacu pada IWA-2 sebagai acuan untuk penerapan SMM ISO 9001:2015 dalam lembaga pendidikan agar pelaksanaannya lebih efektif dan dapat memenuhi kebutuhan dan harapan stakeholder

Keywords


Sistem Manajemen Mutu; ISO 9001:2015; Lembaga Pendidikan

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Departemen Pendidikan Nasional. 2001.Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Gaspersz, Vincent. 2002.ISO 9001:2000 and Continual Quality Improvement. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Goetsch D.L & Davis D.L. 2002.Introduction to Total Quality: Quality Management for Production, Process, and Service. Edisi Terjemahan. Alih Bahasa oleh Benyamin Molan. Manajemen Mutu Total: Manajemen Mutu untuk Produksi, Pengelolaan dan Pelayanan.Jilid 1. Jakarta: PT Prenhalindo.

Handoko, T Hani. 2000.Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Moenir, H.A.S. 2001.Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2007.Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosada Karya.

Sindhunata, GP, Dr, SJ. 2000.Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Demokratis, Otonomi, Civil Society, Globalisasi. Jakarta: Kanisius.

Sugiyono. 2015.Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafaruddin. 2002.Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Tjiptono, F. dan Diana, A. 1996.Total Quality Management. Yogyakarta: ANDI.

Widodo, Suparno Eko. 2011.Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Ardadizya Jaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.