DAMPAK PERUBAHAN ORGANISASIONAL INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI KESEHATAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN

Nang Randu Utama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperolah gambaran mengenai dampak perubahan organisasional institusi pendidikan tinggi kesehatan dalam perspektif manajemen yang terjadi di lingkup institusi pendidikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan studi kasus pada institusi Politeknik Kesehatan Kemenkes Palangka Raya dalam perspektif manajemen. Hasil penelitian adalah sebagai berikut:  (1) Perubahan organisasi mengakibatkan perubahan pada struktur organisasi; (2) Perubahan organisasi juga mengakibatkan perubahan pada pembangunan sarana dan prasarana;        (3) Perubahan pada sistem kerja yang tidak lagi mengarah pada rutinitas, namun lebih dinamis dan fleksibel; (4) Terjadi efisiensi dalam pembelajaran dan perencanaan anggaran yang dilakukan melalui satu pintu dan terpusat termasuk urusan kepegawaian, keuangan dan administrasi umum (ADUM) dan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (ADAK); (5) Perubahan organisasi juga disertai dengan perubahan perilaku anggota organisasi; (6) Perubahan organisasi juga terkait dengan faktor kepemimpinan; (7) Perubahan organisasi dapat berdampak pula pada segala macam bentuk layanan organisasi.

Keywords


Perubahan; Perubahan Organisasi; Politeknik Kesehatan

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Aswandi. 2001. Perubahan Organisasi Perguruan Tinggi Swasta dari Manajemen Keormasan ke Manajemen Profesional: Studi Kasus di Universitas Putih. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Chatab, N. 2009. Mengawal Rancangan Pilihan Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Greenberg, J. and Baron R.A. 2003. Behavior in Organization. New Delhi: Prentice Hall.

Kusdi. 2009. Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya. 2009. Profil Politeknik Kesehatan Surabaya. Surabaya: Poltekkes Kemenkes Surabaya.

Robbins, S.P. 2002. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi. Terjemahan Halida & Dewi Sartika. 2002. Jakarta: Erlangga.

Sobirin, A. 2009. Budaya Organisasi: Pengertian, Makna dan Aplikasinya dalam Kehidupan Organisasi. Yogyakarta: UPP-STIM YKPN.

Syafaruddin. 2008. Efektifitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Wibowo. 2008. Manajemen Perubahan. Jakarta: Rajawali Press.

Winardi, J. 2008. Manajemen Perubahan (Mangement of Change). Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.