HUBUNGAN MOTIVASI PEMBELAJARAN OLEH GURU KELAS TERHADAP NILAI RAPORT SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI

Sogi Hermanto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) deskripsi Motivasi Pembelajaran oleh Guru kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se Kelurahan Palangka di Kota Palangka Raya, (2) deskripsi  Nilai Raport Siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se Kelurahan Palangka di Kota Palangka Raya, dan (3) ada hubungan yang signifikan antara motivasi pembelajaran oleh Guru kelas terhadap Nilai Raport Siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se Kelurahan Palangka di Kota Palangka Raya.

            Populasi dan sampel penelitian ini adalah guru kelas dan siswa, sebagai populasi untuk guru kelas dalam penelitian ini adalah guru kelas di 14 (empat belas) Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Palangka di Kota Palangka Raya sebanyak 84 orang yang ditarik sebagai sampel total. Sedangkan sebagai populasi untuk siswa  di 14 (empat belas) Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Palangka di Kota Palangka Raya sebanyak 2792 siswa, sampel diambil 15% dari populasi diperoleh 419 siswa, dan untuk mendapatkan sampel secara proposional dari masing kelas digunakan teknik proposional random sampling dengan rumus dari pendapat (Harun Al Rasyid, 1993:80) sehingga diperoleh sampel sebanyak 84 siswa. 

            Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) deskripsi motivasi  pembelajaran  oleh guru kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se Kelurahan Palangka di Kota Palangka Raya yang tertinggi dalam kategori “Amat Baik” 20,24%, dan “Baik” 64,29%,  (2) deskripsi Nilai Raport Siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se Kelurahan Palangka di Kota Palangka Raya tertinggi berada dalam  kategori “baik sekali” 27,40 %, dan “baik” 32,14%, dan (3) setelah dianlisis data yang terkumpul ternyata indeks korelasi (rxy) hitung = 0,827 > pada taraf signifikan 5% = 0,213 dan taraf signifikan 1% = 0,278. Ini berarti ada korelasi positif yang signifikan antara motivasi pembelajaran oleh guru kelas terhadap Nilai Raport Siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se Kelurahan Palangka di Kota Palangka Raya, terdapat pada rentang angka 0,70 - 0,90 yang berarti terdapat korelasi yang kuat atau tinggi antara motivasi pembelajaran oleh Guru kelas terhadap Nilai Raport Siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se Kelurahan Palangka di Kota Palangka Raya.

            Berarti mendukung hipotesa yaitu ada hubungan motivasi pembelajaran oleh Guru kelas terhadap Nilai Raport Siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) se Kelurahan Palangka di Kota Palangka Raya.

 


Keywords


Motivasi pembelajaran; Guru Kelas; Nilai Raport Siswa

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


A.M. Sardiman, 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Presiden Republik Indonesia, 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Sumadi, Suryabrata, 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada.

Mc. Donald, 2003. Educational Psychology. Wodsworth Publishing Company, Inc, San Fransisco - Overseas Publiscations, Ltd, (Kaigai Shuppan Boeki KK0, Tokyo.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.