STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN NILAI SEMESTER SISWA UNTUK MENCAPAI ANGKA KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

Warjin Hi Soleman

Abstract


Semua lembaaga khususnya pendidikan dituntut untuk mampu menciptakan efisiensi, mengutamakaan mutu, kepuasan konsumen dan memanfaatkan peluang dengan cepat agar dapat bersaing dan bertahan, salah satu caraadalah menigkatkan nilai semester siswa untuk mencapai angka ketuntasan minimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 14 Halamahera Barat Provinsi Maluku Utara. Dalam upaya menigkatkan nilai semester, sekoah telah melaksankan kegiatan-kegiatan penegmbangan mutu namun semua belum dapat menjawab persoalan yang ada, hal ini disebabkan faktor pendukung internal seperti (1)man/orang,(2) metode pembelajaran yang kurang menarik, (3) material/ guru hanya mengandalkan LKS atau hanya menggunakan satu buku rujukan, (4) mesin/sarana prasarana yang belum lengkap sementara factor eksternal diantaranya seperti (1) kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lembagan pendidikan,(2) kepeduian orang tua terhadap keberhasilan anak yang masih minim.


Keywords


Strategi; Kriteria ketuntasan minimal; Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, S. 2010. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi

Mahasiswa dan Praktisi Pendidika.Jakarta: Bumi aksara.

Daryanto. 2010 Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Jihad, A dan Haris, A. 2010 Evaluasi Pembelajaran Yogyakarta: Multi Pressindo.

Muhaimin. 2009 Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Sauan Pendidikan

(KTSP) pada Sekolah/Madrasah.Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasa, E. 2006 Implementasi Kurukulum 2004: Panduan Belajar

KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. 2008 KTSP seri SNP Pembalajaran Berbasis Kompetensi dan

Konstekstua. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurkancana, W dan Sunartana.1986 Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha

Nasional.

Susilo, M. J. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka

Belajar.

Suwandi,S. 2011. Model-model Asesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma

Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.