SISTEM PENGELOMPOKAN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Muhammad Ghulaman Zakia

Abstract


Fokus dari penelitian ini adalah dasar pengelompokan peserta didik, jenis pengelompokan peserta didik, cara pengelompokan peserta didik, dampak positif dan negatif pengelompokan peserta didik, kendala dalam pengelompokan peserta didik, dan cara mengatasi kendala pengelompokan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif jenis studi kasus, dengan lokasi penelitian di SD Negeri Model Kota Malang.Pengelompokan peserta didik di sekolah itu menggunakan jenis prestasi, karakteristik, dan bakat minat peserta didik.

Keywords


Pengelompokan; Peserta Didik

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Hamalik, O. 2011.Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Imron, A. 2012.Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Prihatin, E. 2011.Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Safitri, E. dan Bafadal, I. 2007. Persepsi Guru tentang Keterampilan Manusiawi Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 20(1): 2.

Syarkawi. 2011. Pola Pengelompokan Siswa Baru: Study Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Bustanuk Ulum Sumberanyar Rowokangkung Lumajang. (Online), (http://digilib.uinsby.ac.id/9270/), diakses 2 Februari 2016.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.