PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SEDERHANA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS VII

Desi Cahya Rachmawati, Pramono M.Or

Abstract


ABSTRACT: The purpose of this research are to describe: (1) the ability of the student before given intervention using concept sentence learning model (2) the ability of the student after given intervention using concept sentence learning model (3) the effect of using concept sentence learning to the skill of simple descriptive writing. The method used is single subject research with A-B-A design. The subject of the research is student with hearing impairment (AJ) was seventh grade. Data analysis inand inter-condition analysis. Collecting data technique was test technique namely writing test.The overlap percentage shows 0%. It means that intervention of concept sentence learning model has significantlyinfluence toward simple deskciptive writing ability of student with hearing impairment

ABSTRAK: Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan tentang: 1) kemampuan peserta didik sebelum diberikan intervensi menggunakan model pembelajarn Concept Sentence, 2) kemampuan peserta didik setelah diberikan intervensi menggunakan menggunakan model pembelajarn Concept Sentence, 3) pengaruh menggunakan model pembelajarn Concept Sentence terhadap kemampuan menulis deskripsi sederhana. Metode yangdigunakan adalah singe subyek research dengan desain A-B-A. Subyek penelitian menggunakan satu siswa tunarungu (AJ) kelas VII.Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan antar kondisi.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu berupa tes tulis.Analisis data yang digunakan adalah analisis visual data grafik pada analisis dalam kondisi dan antar kondisi.persentase overlap menunjukkan hasil 0%, semakin persentasi overlab maka semakin baik pengaruh terhadap target behavior, yang berarti bahwa intervensi yaitu model pembelajaran Concept Sentence memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis deskripsi sederhana peserta didik tunarungu.

Keywords


Concept Sentence ; Menulis Deskripsi ; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Dian. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Concept Sentence. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FIP, Universitas Sebelas Maret.

Damayanti, Fransisca Dita. 2014. Pengaruh Model Kooperatif Concept Sentence Terhadap Ketrampilan Menulis Karangan Narasi. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surakarta: UNS.

Efendi, Mohammad.2009. Pengantar Psikopendagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mangunsong,Fieda dkk. 1998. Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: LPSP3 UI

Murni Winarsih. 2007. Intervensi Dini Bagi Anak Tuna Rungu Dalam pemerolehan Bahasa. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Salam, Nashrullah. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Fitzgerald Key Bermedia Foto Esai terhadap Lemampuan Membuat Kalimat SPOK pada Anak Tunarungu Kelas VII di SMPLB-B. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sukmawati, Desi. (2012). Penerapan Model Concept Sentence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Cibodas Kabupaten Bandung Barat.E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.(1) (Online), respsotory.upi.edu/1599//), diakses 20 November 2014.

Sunanto, Juang. Dkk. 2005.Pengantar Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Tsukuba: Universitas Tsukuba.

Suparno, Yunus Mohamad. 2010. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suprijono, A. (2012). Coopertaive Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wagino. 2005. Kecenderungan Perkembangan Karir Siswa Tunarungu. Surabaya:Uni Press Unesa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia



Flag Counter