PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS FLASH PELAJARAN IPA (GAYA) PADA SISWA KELAS VIII

Dian Dwiyanti Zahroh, Mohammad Efendi, Endro Wahyuno

Abstract


Abstract : A hearing impairment  is someone suffering limitation of hearing. The limitation make student with hearing impairment have some problem with comunication. Limitation of comunication make students with heraing impairment need instuctional  media when studying in class. Natural science is one of the lessons that are verbal. The media is really needed to teach students with hearing imparment. The purpose of the study is developing natural science product of gaya material based on the flash style.this study  used the method developed by Lee & Owens. The concluded of the reseacrh showed that the instructional media can be used in learning activity with show valid
Key Word: Visual Media, Hearing impairment

Abstrak :Tunarungu adalah seseorang yang mengalami keterbatasan dalam pendengarannya. Keterbatasan tersebut membuat siswa tunarungu mengalami hambatan dalam berkomunikasi, sehingga siswa tunarungu membutuhkan media dalam proses pembelajaran. IPA adalah salah satu pelajaran yang bersifat verbal. Pelajaran IPA khususnya materi gaya untuk anak tunarungu sangat membutuhkan media. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk IPA materi gaya berbasis flash. Penelitian ini menggunakan metode yang dikembangkan oleh Lee & Owens. Penelitian ini menunjukkan bahwa media berbasis flah dapat digunakan dalam pembelajaran dengan bukti yang valid.


Keywords


media visual ; tunarungu

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Darmawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknoogi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Efendi, Muhammad. 2006. Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Grafika Offset

Lee, William W & Diana L.Owens. 2004. Multimedia Based Instructional Design, Second Edition. Pfeiffer: San Fransisco.

Madscom. 2012. Adobe Flash Professional CS. 5.5 untuk Pemula.Yogyakarta: Andi Offset

Mangunsong, Frieda dkk. 2013. Psikologi Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: LPSP3 UI

Setyosari dan Sihkabudin (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.

Somad, P dan Herawati, T. 1995. Ortopedagogik Anak tunarungu. DEPDIKBUD DIRJEND pendidikan tinggi.

Suparno, dkk (2010). Pedoman Peulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) Pada Pasal 5 ayat (2) . Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia



Flag Counter