PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS FLASH PELAJARAN IPA (GAYA) PADA SISWA KELAS VIII
Abstract
Key Word: Visual Media, Hearing impairment
Abstrak :Tunarungu adalah seseorang yang mengalami keterbatasan dalam pendengarannya. Keterbatasan tersebut membuat siswa tunarungu mengalami hambatan dalam berkomunikasi, sehingga siswa tunarungu membutuhkan media dalam proses pembelajaran. IPA adalah salah satu pelajaran yang bersifat verbal. Pelajaran IPA khususnya materi gaya untuk anak tunarungu sangat membutuhkan media. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk IPA materi gaya berbasis flash. Penelitian ini menggunakan metode yang dikembangkan oleh Lee & Owens. Penelitian ini menunjukkan bahwa media berbasis flah dapat digunakan dalam pembelajaran dengan bukti yang valid.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Darmawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknoogi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Efendi, Muhammad. 2006. Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Grafika Offset
Lee, William W & Diana L.Owens. 2004. Multimedia Based Instructional Design, Second Edition. Pfeiffer: San Fransisco.
Madscom. 2012. Adobe Flash Professional CS. 5.5 untuk Pemula.Yogyakarta: Andi Offset
Mangunsong, Frieda dkk. 2013. Psikologi Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: LPSP3 UI
Setyosari dan Sihkabudin (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas.
Somad, P dan Herawati, T. 1995. Ortopedagogik Anak tunarungu. DEPDIKBUD DIRJEND pendidikan tinggi.
Suparno, dkk (2010). Pedoman Peulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) Pada Pasal 5 ayat (2) . Jakarta: Depdiknas.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia
View "Journal Ortopedagogia" Statistics