PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS IV

Ovi Gumelar Setyawan

Abstract


ABSTRACT: A hearing impairment student is someone who has hearing barriers as the result she has the minimum of vocabulary.The purposes of this research areto describe the mastery vocabulary student with hearing impairment grade IV before and after intervention condition and to analysis the effect of picture crossword puzzle media toward the mastery vocabulary student with hearing impairment in grade IV.The research used was Single Subject Research (SSR) with A-B-A design.Data collection techniques were an oral test and a written test.The results showedthe effect of picture crossword puzzle media was applied toward the mastery vocabulary of student with hearing impairment in grade IV.

ABSTRAK: Tunarungu adalah peserta didik yang mengalami hambatan dalam pendengaran sehingga mengakibatkan minimnya perbendaharaan kata. Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan pengusaan kosakata peserta didik tunarungu kelas IV sebelum dan sesudah kondisi intervensiserta menganalisis pengaruh media teka-teki silang bergambar terhadap pengusaan kosakata peserta didik tunarungu kelas IV.Metode yang digunakan yaitu eksperimen berbentukSingle Subject Reseach (SSR) desain A-B-A.Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan tes tulis.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media teka-teki silang bergambar terhadap penguasaan kosakata peserta didik tunarungu kelas IV.


Keywords


Teka-Teki Silang Bergambar ; Penguasaan Kosakata ; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, W.J. 2009. Reseach Design Pendekatan Kualitatif Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan Fawaid. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Efendi, M. 2009. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Elviza, dkk. 2013. Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Teknik Permainan Teka-Teki Silang Di Kelas VII.A Smpn 2 Sungai Penuh. (Online), (http://journal.unp.ac.id/article.php?article=101577&val=1517), diakses pada 20 Desember 2014.

Kirk, S. dkk. 2009. Educating Exceptional Children. New York: Houghton Miffl in Harcourt Publishing Company Boston.

Mangungsong, F. 1998. Psikologi Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.

Nuriyah, dkk. Metode Permainan Crossword Puzzle dalam Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Kelas IV SD. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Sebelas Maret.

Soedjito. 1992. Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, J, dkk. 2005. Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. Tsukuba: Universitas Tsukuba.

Tarigan, H.G. 1984. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Wardani, dkk. 2007. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia



Flag Counter