PENGARUH PERMAINAN CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS III SDLB

Septina Tria Pratiwi

Abstract


ABSTRACT: In the process of learning mathematics in grade III of SDNLB obtained information that the mental retardation learners have difficulty to understand the concept of the sum of numbers up to 20. The teacher was dominated the learning process also did not using a media in learning so that the students is less active. This study aimed to: (1) Describing the ability of the students toward arithmetic summation operating in the baseline condition. (2) Describing the ability of the students toward arithmetic summation operation in the intervention condition (3) Describing the effect of congklak game in arithmetic summation operation toward mental retarded students of class III in SDNLB.

ABSTRAK: Dalam proses pembelajaran matematika dikelas III SDLB diperoleh informasi bahwa peserta didik tunagrahita mengalami kesulitan untuk memahami konsep penjumlahan bilangan dengan hasil angka sampai 20. Dalam proses pembelajaran peran guru mendominasi sehingga siswa kurang aktif dan tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)Mendeskripsikan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada kondisi baseline. (2) Mendeskrisikan kemampuan operasi hitung penjumlahan pada kondisi intervensi (3) Mendeskripsikan pengaruh permainan congklak terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas III SDLB.


Keywords


Permainan congklak ; Operasi hitung penjumlahan ; Keterbelakangan mental ringan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdikbud. 1993. Matematika Mari Berhitung. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 1991. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 1991 tentang tujuan pendidikan luar biasa. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Renika Cipta

Efendi, M. 2008. Kurikulum Dan pembelajaran : Pengantar Ke arah Pemahaman KBK, KTSP, Dan SBI. Malang : Universitas Negeri Malang.

Efendi, M. 2008. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia



Flag Counter