Pengaruh Pembelajaran KontekstualTerhadap Kemampuan Berhitung Pengurangan Pada Siswa Tunagrahita Kelas 4

Devina Rahmadiani Kamaruddin Nur, Sulthoni .

Abstract


Abstract :The subject in this research have problem of reduction numeracyso she need Contextual Teaching and Learning. The purpose of this research is to describe the process of implementation and the influence of Contextual Teaching and Learning toward Reduction Numeracy of 4th grade Student. This research used Single Subject Research (SSR) and A-B-A design. The results of this research indicated that there is a presence of Contextual Teaching and Learning in reduction numeracy. This situation is shown ad on the assessment of numeracy reduction children with intellectual disability in baseline-1 ranged 70%-76%, intervention ranged 86%-93%, baseline-2 ranged 93%-98%, thus overlap percentase is 0%

Abstrak :Subjek pada penelitian ini mengalami kesulitan dalam kemampuan berhitung pengurangan sehingga membutuhkan Pembelajaran Kontekstual pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses serta pengaruh pelaksanaan Pembelajaran Kontekstual pada pengajaran berhitung pengurangan anak tunagrahita kelas 4. Penelitian ini menggunakan Single Subject Reseach (SSR) desain A-B-A. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Pembelajaran Kontekstual pada kemampuan berhitung pengurangan yang ditunjukkan pada baseline-1 berkisar 70%-76%, intervensi berkisar 86%-93%, dan baseline-2 berkisar 93%-98%, serta persentase overlap sebesar 0%.


Keywords


Pembelajaran Kontekstual ; Berhitung Pengurangan ; Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Efendi, Mohammad. 2009. Pengantar Psiopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara

Mangunsong, Frieda. 1998. Psikologi Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran Dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.

Mangunsong, Frieda. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran Dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.

Nurhadi, dkk.2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit UM

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan. Jakarta: Kencana

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kenacana.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sunanto, Juang. Dkk. 2005.Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal.Criced University of Tsukuba.

Wardani dkk. 2007. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

_____.2010.Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia



Flag Counter