PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KECAKAPAN VOKASIONALGARNISHING FOOD SISWA TUNARUNGU

Neny Dwi Irawati, Henry Prehardhiono

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to analyze effect of Cooperative Learning Skills to the Vocational in Garnishing Food. To find out the result of research,with the 5% mark test formula for testing one side (1.64) and two sides (1.96) shows that the Z value obtained in the count (2.9) is greater than the value of Z in the table or it can be concluded Zh> Z table. The conclusion of this study is that there is effect of cooperative learning can enhance the vocational skills of food garnishing hearing development students.

Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kooperatif terhadap kecakapan vokasional siswa tunarungu dalam membuat garnishing food. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra eksperimen dengan bentuk “one group pre test post test design”. Analisis data menggunakan non paramatric. Instrumen penelitian menggunakan tes unjuk kerja dengan teknik pengumpulan data observasi. Hasil dari penelitian dengan menggunakan rumus uji tanda 5% untuk pengujian 1 sisi (1,64) dan dua sisi (1,96) menunjukan bahwa nilai Z yang diperoleh dalam hitung (2,9) lebih besar dari pada nilai Z dalam tabel atau dapat disimpulkan ZhZ tabel. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kecakapan vokasional garnishing food siswa tunarungu.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif ; Kecakapan Vokasional Garnishing Food ; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Dwi Reni, 2014. Pengembangan Buku Panduan Pengemasan Sayur Organik Bagi Siswa Tunagrahita Ringan SMALB di SLB PTN Bagian C Lawang Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang. Universitas Negeri Malang.

Drs. Djarwanto, Ps. 2009. Statistik Nonparametrik. Cetakan ke 3. Yogyakarta. BPFE.

Efendi, Mohammad. 2009. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Cetakan 1. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Cetakan V. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Iswari, Mega. 2007. Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Somad, Permanarian dan Hernawati, Tati. 1995. Ortopedagogik Anak Tunarungu. Bandung. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Cetakan ke- 11. Bandung. Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Edisi Pertama. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia



Flag Counter