PENGEMBANGAN PERMAINAN PAPAN FLANEL BERBENTUK TAS DALAM PEMBELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS III TUNARUNGU SDLB

Nova Hamdaniyati

Abstract


ABSTRACT: The children with Hearing Impairment have many obstacles in their hearing system. The purposes of the research and development is to produce equipment’s set game of flannel board. The procedures of development flannel board’s game is adapted research and development (R&D) The result of this research is showed that the product validation can be used in social learning at third grade. The conclusion of this research is the product can be used in social learning at third grade of students in SDLB. The suggestions the teacher: must be able to modify the material in the game which is developed creatively, the students are expected to be able to accustom their study using an active learning, further researchshould develop the flannel board for carriying efficiently.

ABSTRAK: Anak tunarungu memiliki hambatan dalam pendengarannya karena hambatan tersebut maka juga mempengaruhi sosial anak tunarungu. Penelitian ini bertujuan menghasilkan pengembangan perangkat permainan papan flanel. Prosedur pengembangan permainan ini mengadaptasi dari (sumber : metode Research and Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan produk yang dihasilkan dapat digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas 3 tunarungu. Kesimpulan penelitian adalah produk yang dihasilkan dapat digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas 3 tunarungu SDLB. Saran Guru: harus mampu memodifikasi materi pada permainan yang telah dikembangkan dengan kreatif, Siswa: diharapkan mampu membiasakan belajar aktif, Peneliti: selanjutnya dapat mengembangkan papan flanel dengan lebih efesien untuk pembawaan.


Keywords


Permainan Papan Flanel Berbentuk Tas ; Mata Pelajaran IPS ; Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Efendi, M. 2009. Psikopendagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ahmadi, Iif. Khoiru & Amri, Sofan. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran peranannya sangat penting dalam

mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Smart, Aqila. 2010. Anak Cacat Bukan Kiamat. Yogyakarta: Katahati.

Sutikno, M. Sobary. 2014. Metode & Model – Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Alma, Buchari.dkk. 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alvabeta, CV.

Sumaatmadja, Nursid. 1980. Metodologo Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.Bandung: Alumni.

Martuti, A. 2012. Mengelola PAUD. Sidorejo Bumi Indah: Kreasi Wacana.

Ramadhan, M. 2013. Ayo belajar mandiri pendidikan ketrampilan dan kecakapanhidup untuk anak berkebutuhan khusus, Jogjakarta: Javalitera.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tirtarahardja, Umar & Solu, La. 2005.Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Komaladini, santi.2012. Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Luar Biasa (SDLB) B. Bandung: Linuxima.

Fristoni, Meilia. 2013. Penggunaan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan

ProsesPembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Fx Mas Subagyo, (Online), 01(02): 2, (http://ejournal.unesa.ac.id/article/5235/18/article.pdf), diakses 24 Desember 2014.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagravindo Persada.

Arikunto, Suharsimi.2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia



Flag Counter