PENGARUH MEDIA BATANG CUISENAIRE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN SISWA TUNAGRAHITA KELAS IV SDLB

Ria Sekarani, Wiwik Dwi Hastuti

Abstract


ABSTRACT: Aims of this research are to describe: (1) capability of summation calculating operation for student with intellectual disability in the Grade IV of SDLB in baseline condition without using Cuisenaire batang media, (2) capability of summation calculating operation for student with intellectual disability in the Grade IV of SDLB in intervension condition using Cuisenaire batang media and (3) the influence of Cuisenaire batang media towards capability of summation calculating operation for student with intellectual disability in the Grade IV of SDLB. The result of the research showed that capability of summation calculating operation for student with intellectual disability is low before being given intervention and increasing after being intervention. The influence of Cuisenaire batang media as a form of intervention can be stated in calculation of overlap percentage between baseline phase 1 to intervention phase which is 0%.

ABSTRAK: Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan: (1) kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV SDLB saat kondisi baseline tanpa menggunakan media batang Cuisenaire, (2) kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV SDLB saat kondisi intervensi menggunakan media batang Cuisenaire dan (3) pengaruh penggunaan media batang Cuisenaire terhadap kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV SDLB. Hasil penelitian menunjukkan, kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita rendah sebelum diberikan intervensi dan meningkat saat diberikan intervensi. Adanya pengaruh penggunaan media batang Cuisenaire sebagai bentuk intervensi dapat dinyatakan dalam perhitungan persentase overlap antar fase baseline 1 ke fase intervensi sebesar 0%.


Keywords


Media Batang Cuisenaire ; Operasi Hitung Penjumlahan ; Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. & Jabar, C.S.A. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, John W. 2009. Research Design Pendekatan Kualitatitif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Efendi, Mohammad. 2005. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Juariah. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Balok Cuisenaire dengan Metode Bermain Terhadap Peningkatan Kecerdasan Matematika pada Anak Raudhatul Athfal Al-Ikhsan Kota Banda Aceh. Jurnal Biology Education, (Online), 2 (1): 20-31, (www.serambimekkah.ac.id/download/edisi-oktober-2013.pdf), diakses 19 November 2014.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2005. Tulkit LIRP – Merangkul Perbedaan: Perangkat untuk Mengembangkan Lingkungan Inklusif Ramah terhadap Pembelajaran. Jakarta: IDPN Indonesia.

Kustiawan, Usep. 2012. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Universitas Negeri Malang: tidak diterbitkan.

Kurniasih, dkk. Tanpa Tahun. Panduan Asesmen Matematika untuk Siswa dengan Kesulitan Belajar. Widiastuti, Rosim, H., & Wijan (Eds). Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus.

Wilmshurst, L., & Brue, Alan W. 2010. The Complete Guide to Special Education Proven Advice on Evaluations, IEPs, and Helping Kids Succeed. United states of america: Jossey-Bass.

Mangunsong, Frieda, dkk. 1998. Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.

Purnamasari, Nisa. 2013. Peningkatan Kemampuan Membilang Menggunakan Balok Cuisenaire pada Anak Kelompok A TK Sunan Kalijogo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman, (Online), (eprints.uny.ac.id/15154/1/skripsi.pdf), diakses 19 November 2014.

Somantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sudjadi, S. dan Abdurrachman, Muljono. 1994. Pendidikan Luar Biasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: tidak diterbitkan.

Sudijono, Aras. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sunanto, J., dkk. 2005. Penelitian dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press.

Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suparno, dkk. 2003. Dasar-Dasar Metodelogi Penelitian.Malang: Universitas Negeri Malang.

Suparno. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi: tidak diterbitkan.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (PPKI). Malang : UM Press.

Wardani, dkk. 2007. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wilmshurst, Linda & Brue, Alan. 2010. The Complete Guide To Special Education Expert Advice On Evaluations, Ieps, And Helping Kids Succeed. United states of america: Jossey-Bass.

Wijaya, A. 2013. Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita. Yogyakarta: Imperium.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia



Flag Counter