Pengaruh Terapi Sensori Integrasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Berjalan Di Atas Garis Siswa Autis

Adam Yahya, Agung Kurniawan, Ahmad Samawi

Abstract


Abstrac: One sensory problems would resulting ross motor student. Barriersaims to develop gross motor skills of children withaut is musing sensory therapy integration with activities such as walking on garis. The purposes this study was to determine the effect of sensory integration therapy to the gross motor skills of children with autism. The research result showed that there effects of sensory integration therapy to ward the rough motoric ability of line above runs for student with autism. It is evidence din the results of the intervention phase of the study is greater than the baseline phase. The study concluded that children are able to carry out the activities develop because of help intervention of line above runs by sensory integration therapy effect in grough motoric ability.

Abstrak: Salah satu masalah sensorik akan berakibat pada hambatan motorik kasar anak.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak autis menggunakan terapi sensori integrasi dengan kegiatan berupa berjalan diatas garis. Rumusanpenelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh terapi sensori integrasi terhadap kemampuan motorik kasar anak autis.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh terapi sensori integrasiterhadap kemampuan motorik kasar anak.Hal ini dibuktikan pada hasil fase intervensi lebih besar dari fase baseline.Penelitian ini menyimpulkan bahwa anak mampu melaksanakan kegiatan yang dikembangkan karena adanya bantuan intervensi kegiatan berjalan diatas garis dengan terapi sensori integrasi yang berpengaruh terhadap motorik kasar anak.


Keywords


Autis ; Terapi Sensori Integrasi ; Motorik Kasar

Full Text:

PDF

References


Delphie, Bandi. 2006. Autism Usia Dini. Bandung: Rizqi Press.

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Mudjito, Praptono, Asep. (tanpa tahun). Pendidikan Anak Autis.

Purwanto, Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Sunanto, dkk. 2005. Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Tsukuba: CRICED University of Tsukuba.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia



Flag Counter