PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGENAL BILANGAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA KARTU DOREMI PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS II

Agung Wijaya, Tomas Irianto

Abstract


ABSTRACT: The result of mathematics learning recognizing numbers for students with intellectual disabilities in the class II was relatively low. The purposes of this researches are to describe: (1) the process of utilization the doremi card media, (2) the increasing of number recognizing learning outcomes through the utilization of the doremi card media. This research used a Classroom Action Research (CAR). The results showed that: (1) the utilization of doremi card media can increase students actively in learning process, (2) through the utilization of doremi card media can increase of number recognizing learning outcomes for students with intellectual disabilities in the class II.

ABSTRAK: Hasil belajar matematika mengenal bilangan pada siswatunagrahita kelas II masih relatif rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) proses pemanfaatan media kartu doremi, (2) peningkatan hasil belajar mengenal bilangan melalui pemanfaatan media kartu doremi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pemanfaatan media kartu doremi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, (2) melalui pemanfaatan media kartu doremi dapat meningkatkan hasil belajar mengenal bilangan pada siswa tunagrahita kelas II.


Keywords


Hasil Belajar Mengenal Bilangan ; Media Kartu Doremi ; Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Andriyani, Reni. 2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Upaya

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Asli 1-5 Melalui Permainan Kereta Angka Pada Anak Tunagrahita Sedang. 1 (1). (Online), (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu), diakses 15 Mei 2015.

Arikuntoro, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Dhelpie, B. 2006. Pembelajaran Anak Tunagrahita. Bandung: Refika Aditama.

Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Malang: Bumi Aksara.

Febrisma, Nurliya. 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Upaya Meningkatkan Kosa Kata Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Tunagrahita Ringan (PTK Kelas DV Di SLB Kartini Batam). 1 (2). (Online), (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu), diakses 15 Mei 2015.

Juwita, T. P. 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Efektivitas Doodling Untuk Meningkatkan Kemampuan Pra Menulis Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SDLBN 2 Padang Sarai. 1(1). (Online), (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu), diakses 15 Mei 2015.

Jumiati, Intan. 2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Benda Bagi Anak Tunagrahita Ringan. 1 (2). (Online), (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu), diakses 15 Mei 2015.

Rahmanita, Farika. 2014. Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Anak Tunagrahita Ringan Kelas 1 SDLB B-C Kepanjen Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Pendidikan Luar Biasa UM.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susilo, H., Chotimah, H., dan Sari, Y.D. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.

Yusmaneli. 2012. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Bulat Positif Negatif Menggunakan Lidi Berwarna Pada Siswa Tunagrahita Ringan. 1 (1). (Online), (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu), diakses 15 Mei 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia



Flag Counter