PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PENJUMLAHAN) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MANIK – MANIK PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II SLB PGRI BADAS KABUPATEN KEDIRI

Charis Fauzy

Abstract


Abstract: This study used a qualitative research design of classroom action research (PTK). Pratindakan research results obtained by value – average class learning completeness reached 60 with 28.57%, the first cycle result value – average classroom reached 62.5 with 56.20% mastery learning classes. While in the second cycle result value - average grade reaches 83.33 to 85.71% mastery learning classes. Results of the evaluation of the second cycle has reached 78.33 with a minimum of 65 individual mastery learning, learning can be said to be successful because it meets the criteria predetermined classical completeness is 80%.The use of concrete media is very important because the students will easily understand and learning will be meaningful.

Abstrak: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian pratindakan diperoleh nilai rata – rata kelas mencapai 60 dengan ketuntasan belajar 28,57%, siklus I diperoleh hasil nilai rata – rata kelas mencapai 62,5 dengan ketuntasan belajar kelas 56,20%. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil nilai rata – rata kelas mencapai 83,33 dengan ketuntasan belajar kelas 85,71%. Hasil evaluasi siklus II telah mencapai 78,33 dengan ketuntasan belajar individual minimal 65, pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditentukan yaitu 80 %. Penggunaan media konkrit sangat penting karena siswa akan mudah memahami dan pembelajaran akan bermakna.


Keywords


Peningkatan Hasil Belajar Matematika (Penjumlahan) ; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono.2003.Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta:Rineka Cipta.

Arief, S. Sadiman. 1984. Media pembelajaran, pengertian, pengembangan, penempatan, jakarta: Rajawali.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Aneka Cipta: Jakarta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki Wibawa & Farida Mukti. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Maulana.

Budiningsih, C. Asri. 2008. Pembelajaran Moral. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Efendi, Mohammad.2006.Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan.Jakarta:Bumi Aksara.

Elita Burhanudin. 2005.Media Pembelajaran Bahasa: Makalah disampaikan dalam Diklat Guru Bahasa Indonesia Pendidikan Luar Biasa. Jakarta. Depdiknas.

Hitipiuw, Imanuel. 2009. BelajardanPembelajaran, Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Hudojo,Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas.Surabaya: Usana Offset Printing.

Nana Saodih Sukmadinata,Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Ruseffendi. 1988. Pengajaran Matematika Modern Dan Masa Kini Seri Ke Tiga. Bandung: Tarsito.

Subanji. 2013. Pembelajaran Matematika KreatifdanInovatif. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Winarno Surakhmad, 1980,metodologi pengajaran nasional, Bandung: Jemmars.

Winkel, 1989, Psikologi Pengajaran, Gramedia, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia



Flag Counter