PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PENJUMLAHAN) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MANIK – MANIK PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II SLB PGRI BADAS KABUPATEN KEDIRI
Abstract
Abstract: This study used a qualitative research design of classroom action research (PTK). Pratindakan research results obtained by value – average class learning completeness reached 60 with 28.57%, the first cycle result value – average classroom reached 62.5 with 56.20% mastery learning classes. While in the second cycle result value - average grade reaches 83.33 to 85.71% mastery learning classes. Results of the evaluation of the second cycle has reached 78.33 with a minimum of 65 individual mastery learning, learning can be said to be successful because it meets the criteria predetermined classical completeness is 80%.The use of concrete media is very important because the students will easily understand and learning will be meaningful.
Abstrak: Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian pratindakan diperoleh nilai rata – rata kelas mencapai 60 dengan ketuntasan belajar 28,57%, siklus I diperoleh hasil nilai rata – rata kelas mencapai 62,5 dengan ketuntasan belajar kelas 56,20%. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil nilai rata – rata kelas mencapai 83,33 dengan ketuntasan belajar kelas 85,71%. Hasil evaluasi siklus II telah mencapai 78,33 dengan ketuntasan belajar individual minimal 65, pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditentukan yaitu 80 %. Penggunaan media konkrit sangat penting karena siswa akan mudah memahami dan pembelajaran akan bermakna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono.2003.Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta:Rineka Cipta.
Arief, S. Sadiman. 1984. Media pembelajaran, pengertian, pengembangan, penempatan, jakarta: Rajawali.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Aneka Cipta: Jakarta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Basuki Wibawa & Farida Mukti. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Maulana.
Budiningsih, C. Asri. 2008. Pembelajaran Moral. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Efendi, Mohammad.2006.Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan.Jakarta:Bumi Aksara.
Elita Burhanudin. 2005.Media Pembelajaran Bahasa: Makalah disampaikan dalam Diklat Guru Bahasa Indonesia Pendidikan Luar Biasa. Jakarta. Depdiknas.
Hitipiuw, Imanuel. 2009. BelajardanPembelajaran, Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Hudojo,Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas.Surabaya: Usana Offset Printing.
Nana Saodih Sukmadinata,Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Ruseffendi. 1988. Pengajaran Matematika Modern Dan Masa Kini Seri Ke Tiga. Bandung: Tarsito.
Subanji. 2013. Pembelajaran Matematika KreatifdanInovatif. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Winarno Surakhmad, 1980,metodologi pengajaran nasional, Bandung: Jemmars.
Winkel, 1989, Psikologi Pengajaran, Gramedia, Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Ortopedagogia
View "Journal Ortopedagogia" Statistics