PENGARUH PERMAINAN FUNGSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK AUTIS

Susi Marta Handayani, Sudarsini Sudarsini

Abstract


The grossmotor skills of Autistic child was not appropriate with the real age. Espcesialy for coordination movement such trowing and cathing ball in strength, endurance and movement. The method of research was Single Subject Research (SSR) design of A - B - A. with a unit of measurement frekuence and percentage. The subjects were mild autis child. The research result showed that: mean level increased from baseline-1 which is 33,32%, the intervention was 61,7%, and baseline-2 was 82,15. Overlap percentage between baseline-1 condition to intervention condition was 0%.The Fungsional play can improve the gross motor such throwing and cathing ball showed improvement in strength, endurance and movement.So it is recommended as a useful method for improving or optimizing the gross motor ability which is possessed by Autistic child.

Perkembangan motorik kasar anak autis sering kali tidak sesuai dengan usia kronologinya. Khususnya kemampuan koordinasi seperti melempar dan menangkap bola yaitu pada kekuatan, daya tahan dan arah gerakan. Metode penelitian menggunakan Single Subject Research (SSR) desain A–B–A, dengan satuan ukur frekuensi dan persentase. Subjek penelitian adalah anak autis ringan. Hasil penelitian menunjukkan: mean level meningkat yang mana pada baseline-1 adalah 31,32%, intervensi adalah 61,7%, baseline-2 adalah 82,15%. Data persentase overlap antar kondisi baseline-1 dan kondisi intervensi adalah 0%. Permainan fungsional dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar dalam melempar dan menangkap bola dalam kekuatan, daya tahan dan arah gerakan. Oleh karena itu, permainan fungsional dengan duduk dan tengkurap di gymball ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam meningkatkan atau mengoptimalkan kemampuan motorik kasar seperti melempar bola dan menangkap yang dimiliki oleh anak autis.


Keywords


permainan fungsional; motorik kasar; melempar; menangkap bola; anak autistic spectrum disorder (ASD)

Full Text:

PDF

References


Age, Pratama. 2012. Pengantar Dasar Tumbuh

Kembang Anak. Seminar dan Workshop

Pusat Layanan Autis kota Malang.

Brower, Francine. 2007. 100 Ide Membimbing Anak

Autis. Penerjemah: Novita Heny. Jakarta:

Essensi Erlangga Group.

Sutadi, Rudi. , Bawazir, Lucky, Aziza. , Tanjung,

Nia. 2003. Konggres Nasional Autisme

Indonesia. Penatalaksanaan Holistik

Autisme. Jakarta: Pusat Informasi dan

Penerbitan Universitas Indonesia

Pedoman Penyelenggaraan Pusat Layanan Autis.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rehuluna, Margaretha. 2013. Pemrosesan Sensori

Dan Kemampuan Motorik. Malang :

Seminar dan workshop Pusat Layanan

Autis Nasional.

Sugiyanto dan Sudjarwo. 1992. Perkembangan dan

Belajar Gerak. Jakarta:

Departemen Pendidikan dan kebudayaan.

Sukamti, Endang, Rini. Diktat Perkembangan

Motorik. Yogyakarta: FIK UNY

Sunanto, Juang. , Takeuchi, Koji. , dan Nakato,

Hideo. 2005. Pengantar Penelitian dengan

Subjek Tunggal. CRICED University of

Tsukuba.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak jilid

Alih bahasa: Milla Rahmawati dan Ana

kuswanti . Jakarta: Erlangga.

Takarini, Nawangsari. 2000. Peran Fisioterapi

Pada Anak dengan Kebutuhan Khusus Suatu

Pendekatan Perceptual Motor. Surakarta:

Politeknik Kesehatan Surakarta.

Tedjasaputra, Mayke, S. , 2001. Bermain, Mainan

dan Permainan. Jakarta: Grasindo

Triharso, Agung. 2013. Permaianan Kreatif

Educative Anak Usia Dini. Yogjakarta:

C.V Andi offset.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman

Penulisan Karya Ilmiah; skripsi, tesis,

disertasi, artikel, makalah, tugas akhir,

laporan penelitian. Malang: Universitas

Negeri Malang.

Veskarisyanti. , A. , Galih. 2008. 12 Terapi Autis

Paling Efektif & Hemat Untuk Autisme,

Hiperaktif, Retardasi Mental. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter
View "Journal Ortopedagogia" Statistics