PENGARUH PERMAINAN FUNGSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK AUTIS
Abstract
The grossmotor skills of Autistic child was not appropriate with the real age. Espcesialy for coordination movement such trowing and cathing ball in strength, endurance and movement. The method of research was Single Subject Research (SSR) design of A - B - A. with a unit of measurement frekuence and percentage. The subjects were mild autis child. The research result showed that: mean level increased from baseline-1 which is 33,32%, the intervention was 61,7%, and baseline-2 was 82,15. Overlap percentage between baseline-1 condition to intervention condition was 0%.The Fungsional play can improve the gross motor such throwing and cathing ball showed improvement in strength, endurance and movement.So it is recommended as a useful method for improving or optimizing the gross motor ability which is possessed by Autistic child.
Perkembangan motorik kasar anak autis sering kali tidak sesuai dengan usia kronologinya. Khususnya kemampuan koordinasi seperti melempar dan menangkap bola yaitu pada kekuatan, daya tahan dan arah gerakan. Metode penelitian menggunakan Single Subject Research (SSR) desain A–B–A, dengan satuan ukur frekuensi dan persentase. Subjek penelitian adalah anak autis ringan. Hasil penelitian menunjukkan: mean level meningkat yang mana pada baseline-1 adalah 31,32%, intervensi adalah 61,7%, baseline-2 adalah 82,15%. Data persentase overlap antar kondisi baseline-1 dan kondisi intervensi adalah 0%. Permainan fungsional dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar dalam melempar dan menangkap bola dalam kekuatan, daya tahan dan arah gerakan. Oleh karena itu, permainan fungsional dengan duduk dan tengkurap di gymball ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam meningkatkan atau mengoptimalkan kemampuan motorik kasar seperti melempar bola dan menangkap yang dimiliki oleh anak autis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Age, Pratama. 2012. Pengantar Dasar Tumbuh
Kembang Anak. Seminar dan Workshop
Pusat Layanan Autis kota Malang.
Brower, Francine. 2007. 100 Ide Membimbing Anak
Autis. Penerjemah: Novita Heny. Jakarta:
Essensi Erlangga Group.
Sutadi, Rudi. , Bawazir, Lucky, Aziza. , Tanjung,
Nia. 2003. Konggres Nasional Autisme
Indonesia. Penatalaksanaan Holistik
Autisme. Jakarta: Pusat Informasi dan
Penerbitan Universitas Indonesia
Pedoman Penyelenggaraan Pusat Layanan Autis.
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rehuluna, Margaretha. 2013. Pemrosesan Sensori
Dan Kemampuan Motorik. Malang :
Seminar dan workshop Pusat Layanan
Autis Nasional.
Sugiyanto dan Sudjarwo. 1992. Perkembangan dan
Belajar Gerak. Jakarta:
Departemen Pendidikan dan kebudayaan.
Sukamti, Endang, Rini. Diktat Perkembangan
Motorik. Yogyakarta: FIK UNY
Sunanto, Juang. , Takeuchi, Koji. , dan Nakato,
Hideo. 2005. Pengantar Penelitian dengan
Subjek Tunggal. CRICED University of
Tsukuba.
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak jilid
Alih bahasa: Milla Rahmawati dan Ana
kuswanti . Jakarta: Erlangga.
Takarini, Nawangsari. 2000. Peran Fisioterapi
Pada Anak dengan Kebutuhan Khusus Suatu
Pendekatan Perceptual Motor. Surakarta:
Politeknik Kesehatan Surakarta.
Tedjasaputra, Mayke, S. , 2001. Bermain, Mainan
dan Permainan. Jakarta: Grasindo
Triharso, Agung. 2013. Permaianan Kreatif
Educative Anak Usia Dini. Yogjakarta:
C.V Andi offset.
Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman
Penulisan Karya Ilmiah; skripsi, tesis,
disertasi, artikel, makalah, tugas akhir,
laporan penelitian. Malang: Universitas
Negeri Malang.
Veskarisyanti. , A. , Galih. 2008. 12 Terapi Autis
Paling Efektif & Hemat Untuk Autisme,
Hiperaktif, Retardasi Mental. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal ORTOPEDAGOGIA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View "Journal Ortopedagogia" Statistics