PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MELALUI MEDIA KEPING KATA BERGAMBAR PADA SISWA TUNARUNGU DI SDLB

Suhardini Intikasari, Tumardi Tumardi, Endro Wahyuno

Abstract


The study aimed at describing (1) the use of pictorial words pieces media in improving simple sentence writing skills for the 2nd grader students with hearing impairment in SDLB Negeri Jombatan 7 Jombang, and (2) the improved simple sentence writing skills for the 2nd grade students with hearing impairment use of pictorial words pieces media in SDLB Negeri Jombatan 7, Jombang. This research used Class Action Research (CAR) method. The subjects of this research were the 2nd grade student with hearing impairment in SDLB Negeri Jombatan 7 Jombang. The data collecting technique included: observation, interview, and test of the students’ learning results. The findings showed that in the pre-action, the classical completes only reached 40% of the students’ total numbers. The finding showed that in cycle I, after the media were used, the degree of completeness increased by 60%. In cycle II, the students’ skills increased by 80% which met the completeness setting. It could be concluded that the use of pictorial words pieces could improve the students’ learning result in writing simple sentence.

 

Tujuan dari penelitian ini mendiskripsikan penggunaan media keping kata bergambar dalam meningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui media keping kata bergambar pada siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di siklus I sudah ketuntasan meningkat sebesar 60%, namun belum mencapai 80%. Pada siklus II kemampuan siswa mengalami peningkatan 80%. Penelitian ini berhasil mencapai indikator keberkhsilan yang ditentukan.


Keywords


tunarungu; kemampuan menulis kalimat sederhana; media; keping kata bergambar

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Aqila. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat Metode Pembelajaran dan Terapi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kata Hati.

Direktorat Bina Kesehatan Anak Kementrian Kesehatan RI. (2010). Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak di Sekolah Luar Biasa (SLB). Jakarta: Kementrian Kesehatan.

Intikasari, Peningkatan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Melalui Media Keping Kata Bergambar 172.

Ibrahim., dkk. (2005). Media Pembelajaran. Malang : Universitas Negeri Malang.

Kosasih. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yramada Widya

Permendiknas. (2006). Standar Isi. Jakarta: Permendiknas.

Putrayasa. (2010). Analisis Kalimat Fungsi, Kategori, dan Peran. Bandung : PT Refika Utama.

JURNAL ORTOPEDAGOGIA, VOLUME 1 , NOMOR 2, JULI 2014 :166-173.

Tarigan. (2008). Berbicara Sebagai Satu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung

Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Satu Ketrampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung

Wibowo, W. (2001). Manajemen Bahasa Pengorganisasian karangan Pragmatik dalam Bahasa Indonesia. Jakarta:

Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal ORTOPEDAGOGIA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter
View "Journal Ortopedagogia" Statistics