KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TUTORIAL MYOB BERBASIS ADOBE CAPTIVATE
Abstract
Abstract: Adobe Captivate based-MYOB tutorial media is one of the alternative media to conduct individual learning. This research aims at examining the students’ independency and study performance on Accounting Computer Subject by using Adobe Captivate based-MYOB tutorial media. This was a quasi-experimental research conducted in SMK Negeri 1 Boyolangu. The research used Purposive sampling technique. Thirty six students of XI Ak 2 class was decided as the sample. This class was divided into two groups: experiment group and control group. Experiment group was given Adobe Captivate based-MYOB tutorial media, while control group was taught by conventional method. Instrument used in this research were test and questionnaire. Test was used to measure the learning result while questionnaire was used to measure the students’ independency in learning. The research results show that Adobe Captivate based-MYOB tutorial media enhance students’ independency and study performance. Therefore, it was recommended for teachers to use such tutorial media in Accounting Computer course to enhance the students’ independency and study performance.
Abstrak: Penggunaan media tutorial MYOB berbasis Adobe Captivate merupakan salah satu alternatif dalam penyelenggaraan pembelajaran individual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi dengan menggunakan media tutorial MYOB berbasis Adobe Captivate. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Purposive. Kelas XI Ak 2 berjumlah 36 siswa ditetapkan sebagai sampel. Kelas ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing 18 siswa. Kelompok eksperimen diberi media tutorial MYOB berbasis Adobe Captivate, sedangkan kelompok kontrol diajar dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar, sedangkan angket digunakan untuk mengukur kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tutorial MYOB berbasis Adobe Captivate dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menggunakan media tutorial ini dalam pembelajaran Komputer Akuntansi untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.
Ketua Penyunting
Sunaryanto
Wakil Ketua Penyunting
Cipto Wardoyo
Penyunting Ahli
Endang Sri Andayani
Sriyani Mentari
Penyunting Pelaksana
Diana Tien Irafahmi
Sulastri
Bety Nur Achadiyah
Nujmatul Laily
Staff Administrasi
Dian Syariati
Ratih Tetiana Rahmawati
Gembong Wiyono
Mitra Bestari
Zaenal Fanani
Universitas Airlangga
Muhammad Aziz
Universitas Negeri Makassar
Susilaningsih
Universitas Sebelas Maret
Anantawikrama Tungga Atmaja
Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali