ANALISIS PERBEDAAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR ANTARA PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA DIKLAT SIKLUS AKUNTANSI

Santi Apriliani Alifa Tanggamasari

Abstract


Abstract: This research aims to know about the differences between quantum teaching and conventional methode on student’s achievement and motivation at SMK Islam Batu. This research is quasy experiment. Sample of this research are 104 students and sampling methode uses purposive sampling. Data collections use questianarre. Data analysis to examine the hypothesis is t-test Independent Samples. The result shows that motivation and student’s achievement increase using quantum theaching.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara obyektif tentang apakah terdapat perbedaan prestasi dan motivasi yang signifikan antara pembelajaran quantum teaching dengan pembelajaran konvensional di SMK Islam Batu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian sebanyak 104 siswa dan metode penyampelan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah T-Test Independent Samples.




Ketua Penyunting
Sunaryanto

Wakil Ketua Penyunting
Cipto Wardoyo

Penyunting Ahli
Endang Sri Andayani
Sriyani Mentari

Penyunting Pelaksana
Diana Tien Irafahmi
Sulastri
Bety Nur Achadiyah
Nujmatul Laily

Staff Administrasi
Dian Syariati
Ratih Tetiana Rahmawati
Gembong Wiyono

Mitra Bestari

 Zaenal Fanani   
Universitas Airlangga

Muhammad Aziz
Universitas Negeri Makassar

Susilaningsih
Universitas Sebelas Maret

Anantawikrama Tungga Atmaja
Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali