Pengaruh Strategi Scaffolding-Kooperatif dan Pengetahuan Awal terhadap Prestasi Belajar dan Sikap pada Matakuliah Fisika Dasar

Supriyono Koes H

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh strategi scaffolding-kooperatif dan pengetahuan awal terhadap prestasi belajar dan sikap pada matakuliah Fisika Dasar. Hasil peneliti-an menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar Fisika antara mahasiswa yang diajar de-ngan strategi Scaffolding-Kooperatif (S-K), Scaffolding-Langsung (S-L), dan Langsung (L); (2) ada perbedaan prestasi belajar Fisika antara mahasiswa dengan pengetahuan awal tinggi dan rendah; (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi S-K, S-L, dan L dan pengetahuan awal Fisika mahasiswa terhadap prestasi belajar; (4) ada perbedaan sikap pada matakuliah Fisika Dasar antara mahasiswa yang diajar dengan strategi S-K, S-L, dan L; (5) ada perbedaan sikap pada matakuliah Fisika Dasar antara mahasiswa dengan pengetahuan awal tinggi dan rendah; (6) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi S-K, S-L, dan L dan pengetahuan awal Fisika mahasiswa terhadap sikap pada matakuliah Fisika Dasar.


Kata kunci: scaffolding, kooperatif, prestasi belajar, sikap, fisika dasar

Full Text:

Download


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jph.v1i1.3979

Copyright (c)




Jurnal Pendidikan Humaniora

Education Journal Of Social Sciences

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License