Internalisasi Siswa dalam Proses Pengembangan Pribadi dan Karakter Kebajikan

IM Hambali

Abstract


Kajian ini memberi tawaran alternatif teknis pendidikan karakter oleh konselor sekolah. Kajian dilakukan dengan menguraikan sisi teknis, teoritik, praktik implementatif dan refleksi kecermatan sebab akibat. Hasilnya bahwa kesiapan bertindak seorang siswa sebenarnya merupakan sebuah kondisi, yang mana seseorang telah memiliki kematangan pikiran dan emosi yang ditandai oleh adanya pemilihan yang tepat untuk bertindak. Kesiapan bertindak baru dapat terjadi jika seseorang sepenuhnya sadar melalui pertimbangan pikiran yang mendalam dan emosi yang stabil, sehingga muncul tingkah laku yang efektif. Disamping mempertimbangkan kepentingan sendiri, kepentingan orang lain juga menjadi pertimbangan yang serius.  Kesadaran dan ketetapan hasil pikiran ini dapat hadir pada diri seseorang, yang salah satunya melalui pertukarpikiran reflektif yang dapat didiskusikan antara satu orang dengan yang lain, dan diuji melalui proses penilaian terhadap contoh peristiwa yang diharapkan.


Kata kunci: internalisasi, pengembangan pribadi, karakter

Full Text:

Download


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jph.v1i1.3983

Copyright (c)




Jurnal Pendidikan Humaniora

Education Journal Of Social Sciences

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License