PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Yusnia Nurrohmi, Sugeng Utaya, Dwiyono Hari Utomo

Abstract


Critical thinking skills needed for students to accomplish the tasks of lecturing and writing scientific papers. This study aims to determine the effect of the learning model of Discovery Learning on students' critical thinking skills. This study uses a quasi-experiment conducted in the Department of Geography Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Subjects who used that force students geography 2016/2017 were 72 students in two classes that are homogeneous. The data collection technique using essay test questions critical thinking skills. Analysis of data using the t test. Results of data analysis obtained that the Sig. (2-tailed) was 0.000 <0.05 so that there is significant influence learning model Discovery Learning on students' critical thinking skills.

Kemampuan berpikir kritis diperlukan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan dan menulis karya tulis ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimen yang dilakukan di Jurusan Ilmu Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Subjek yang digunakan yaitu mahasiswa ilmu geografi angkatan 2016/ 2017 sebanyak 72 mahasiswa pada dua kelas yang bersifat homogen. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes esai kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan Uji t. Hasil analisis data diperolah bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa.


Keywords


discovery learning models; critical thinking; model discovery learning; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Alfi, C., Sumarmi., & Ach. Amirudin. 2016. Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah dengan Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (4):597—602, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6203/2638, diakses 26 Maret 2017).

Bruner, J. S. 1960. The Process of Education. Cambridge. MA: Harvard University Press.

Bruner, J. S. 1966. Toward a Theory of Instruction. Cambridge. MA: Harvard University Press.

Ennis, R. H. 1985. Goals for Critical Thinking Curriculum in A.L. Costa, Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria: Association for Supervisor and Curriculum Development (ASCD).

Feldman, D. A. 2010. Berpikir Kritis, Strategi untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT Indeks.

Fisher, A. 2007. Critical Thinking: An Introduction (Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar). Jakarta: Erlangga.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hayati, W. I., Sugeng Utaya., & I Komang Astina. 2016. Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (3):468—474, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6174/2615, diakses 19 Desember 2016).

Indarti, M., Hadi Soekamto., & Djoko Soelistijo. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikelB83E93A7220073F2EE29160D6EE7B0F2.pdf, diakses 10 April 2017).

Khoirunnisa., Arwin Achmad., & Berti Yolida. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=328067, diakses 11 November 2016).

Kuswana, W. S. 2013. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lestari, T. W., Sudarti., & Bambang Supriadi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Media Kartu Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMPN 10 Jember. (Online), (http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67389, diakses 11 November 2016).

Mentari, W. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=328073, diakses 11 November 2016).

Nurlaeli, N. P., Siti Nurul Hidayati., & Tutut Nurita. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Berorientasi Saintifik Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Perubahan Materi. (Online), (https://www.scribd.com/doc/283069242, diakses 11 November 2016).

Sholihah, M., Sugeng Utaya., & Singgih Susilo. 2016. Pengaruh Model Experiential Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (11):2096—2100, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7869/3608, diakses 21 Maret 2017).

Sinambela, P.N.J.M. 2013. Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Generasi Kampus, (Online), 6 (2),(http://kemahasiswaan.unimed.ac.id/jurnal/JURNAL%20GENERASI%20KAMPUS%20VOLUME%206%20NO%202%20TAHUN%202013.pdf, diakses 26 Juli 2016).

Sumarmi. 2013. Pembelajaran Geografi yang Berkarakter Sesuai Kurikulum 2013. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional HMJ Geografi (Volcano) 2013 Universitas Negeri Malang. Malang, 8 Juni 2013.

Suprihatin, dkk. 2014. Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Learning. Unnes Journal of Biology Education 3 (3) (2014) 275—282. (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe, diakses 18 Juni 2016).

Sya’afi, N. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. (Online), (http://eprints.ums.ac.id/31762/12/2.publikasi.pdf, diakses 11 November 2016).

Syah, M. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Utomo, D. H. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Meteorologi-Klimatologi berdasarkan Brain Based Learning. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Widyasari., H. S., & Yuswanti Ariani Wirahayu. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi SMA Mitra. (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel222E6969B8BF2E8072E8E7CC0586DA99.pdf, diakses 10 April 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yusnia Nurrohmi, Sugeng Utaya, Dwiyono Hari Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License