ANALISIS KORELASI KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Saprudin Saprudin, Wahjoedi Wahjoedi, Utami Widiati

Abstract


This research is aimed to know (1) The correlation between social and economic conditions of students’ parents with their achievement in learning Social Study (2) the correlation between self effication with achievement in learning social study (3) The correlation of both social and economic conditions of students’ parents and self effication with their achievement in learning Social Study in Grade VIII of SMPN 1 Salopa. The whole population on this research is 216 students, so 68 students are taken as a sample in the way of random sampling. The method of this research is correlation analysis, data is obtained from the questioner answered by respondents and documentation from 68 students. The result of this research showed that (1) social and economic conditions of students’ parents has a significant and positive correlation with their achievement in learning Social Study with coeficent correlation 0,648 and significancy 0,000 (2) self effication has a significant and positive correlation with achievement in learning social study with coeficent correlation 0,610 and significancy 0,000 (3) both social and economic conditions of students’ parents and self effication has a significant and positive correlation with their achievement in learning Social Study with coeficent correlation 0,719 and significancy 0,000.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya (1) hubungan antara kondisi sosial ekonomi orangtua dengan prestasi belajar IPS, (2) hubungan antara efikasi diri dengan prestasi belajar IPS, (3) hubungan secara bersama-sama kondisi sosial ekonomi, efikasi dengan prestasi belajar IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Salopa. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII sebesar 216 siswa sehingga diambil sampel secara sample random sampling sebesar 68 siswa.  Metode penelitian ini analisis korelasi, data diperoleh dari angket yang dijawab responden dan dokumentasi dari 68 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi sosial ekonomi orangtua memiliki hubungan yang signifikan dan positif  dengan prestasi belajar IPS dengan nilai koefisien korelasi 0,648 dengan signifikan 0,000,  (2) efikasi diri memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi 0,610 dengan signifikasi 0,000, (3) kondisi sosial ekonomi orangtua, efikasi diri memiliki hubungan yang signifikan secara bersama dengan prestasi belajar untuk kofisien korelasi 0,719 dan sigifikansi 0,000.


Keywords


social and economic; conditions; self effication; achievement in learning social study; kondisi sosial ekonomi; efikasi diri; prestasi belajar IPS

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. 2012. Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Khotimah, H. R. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi diri Akademik, Harga Diri, dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Konseling, 1(2):60—67.

Kirana, A. 2010. Sudi Korelasi Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Prestasi Akademik: Telaah pada Siswa Perguruan Tinggi. Indiggenous, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12 (1):47—54

Martrianingtyas, A, L. 2014. Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kondisi Ekonomi terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu melalui Perhatian Orangtua Siswa (studi kelas VIII SMP N 32 Semarang Tahun Ajaran 2013/2014). Economic Education Analysis Journal, 3 (2):359—365.

Murdiatmoko, Yn. 2014. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Motivasi Berprestasi, dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IIS SMA Islam Gunung Jati Ngunut Tulungagung”. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Raheem, A. 2015. Parent’s Social-Economic Status as Predictor of Secondary School Students’ Acedemic Performance in Ekiti State, Nigeria. Journal of Education and Practice, 6 (1), ISSN 22222-1735:123—128.

Santrock, W. J. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setiyowati. 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua, Persepsi di Bidang Pemasaran, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar SMKN 1 Lumajang. (Online), (http://mulok libarary.um.ac.id, diakses 15 Maret 2017)

Rosyida, F. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar Self Efficacy terhadap hasil belajar Geografi di SMAN 1 Widang-Tuban. Jurnal Pendidikan Geografi, 21 (2):17—28.

Purwati, A. 2011. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua, Persepsi Atas Lingkungan, dan Prestasi Belajar Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi. Jurnal Ekonomi Bisnis. 16 (1):11—15.

Prabawa, K, A.2014. Pengaruh Sosial Ekonomi dan Perhatian Orangtua terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas IX. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4 (1).

Wahjoedi. 2015. Pendidikan Ekonomi Berkarakter Nilai-Nilai Pancasila. Malang: Universitas Negeri Malang.

Widjdati, Y. 2013. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Geografi, 99:111.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Saprudin Saprudin, Wahjoedi Wahjoedi, Utami Widiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License