ANALISIS PERMASALAHAN GURU TERKAIT PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA REALITA DI SMA
Abstract
The purpose of this study is to obtain (1) understanding of high school teachers related to the planning and implementation of learning tools with learning model Problem Based Learning and media reality, (2) display of teacher problems related to the implementation of high school teachers related to learning tools with Problem Based Learning model and reality media, (3) description of student's problem to result of learning on environmental pollution material. The result of observation of teacher and student problem analyzed by qualitative descriptive indicate that teacher's understanding related to Biology based learning model of Problem Based Learning and Media Reality is still very low so that its use in the learning process has not been running optimally, the teacher experiences obstacles in making learning tools include syllabus, RPP, Hand Out, and LKPD. Assessment shows a low percentage or less so that student learning outcomes are also low. Therefore it is necessary to develop biology learning tools with problem-based learning model and reality media to improve student learning outcomes.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh (1) gambaran pemahaman guru SMA terkait perencanaan dan pelaksanaan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan media realita, (2) gambaran permasalahan guru terkait pelaksanaan guru SMA terkait perangkat pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan media realita, (3) gambaran permasalahan siswa terhadap hasil belajar pada materi pencemaran lingkungan. Hasil observasi permasalahan guru dan siswa yang dianalisis secara deskriftif kualitatif menunjukkan bahwa pemahaman guru terkait perangkat pembelajaran Biologi berbasis model Problem Based Learning dan Media Realita masih sangat rendah sehingga penggunaannya pada proses pembelajaran belum berjalan secara optimal, guru mengalami kendala dalam pembuatan perangkat pembelajaran meliputi silabus, RPP, handout, dan LKPD. Penilaian menunjukan persentase yang rendah atau kurang sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Oleh karena itu, diperlukan pengembangkan perangkat Pembelajaran Biologi dengan model pembelajaran berbasis masalah dan media realita untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hakim, L. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Ibrahim, M. Nur, Rahmadiarti., & Ismono. (2003). Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya.
Khoiri, W., Rochmad, R., & Cahyono, A. N. (2013). Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education, 2 (1):115—121. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/3328
Lestari, N. N. S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem based Learning) dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1 (2). Retrieved from http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_tp/article/view/297
Ningsih, R., Asbar, A. I., & Masruhim, M. A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kinerja Dalam Menyusun Laporan Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (11), 2172—2177.Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8047/3666
Nurani, I., Masruhim, M. A., & Palenewen, E. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Audio Visual Pokok Bahasan Sintesis Protein untuk SMA. Jurnal VARIDIKA, 28 (1), 90—95. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/1961/1653
Paidi. (2008). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi yang Mengimplementasikan PBL dan Strategi Metakognitif serta Efektifitasnya terhadap Kemampuan Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa di Sleman Yogyakarta. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang, Malang.
Rais, A. A., & Suswanto, H. (2017). Perbandingan Implementasi Model Problem Based Learning dan Direct Instruction Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2 (8), 1043—1049. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9787/4634
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sudjana, N. (2010). Media Pengajaran (Penggunaan dan pembuatan). Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sutjiono, T. W. A. (2005). Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, 4 (4), 76—84.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif (Cetakan ke-1). Jakarta: Kencana.
Valtanen, J. (2014). Question-Asking Patterns during Problem-Based Learning Tutorials: Formal Functional Roles. Journal of Problem Based Learning in Higher Education, 2 (1), 29—44. Retrieved from https://journals.aau.dk/index.php/pbl/article/view/1007/790
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2), 179—191. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1600/1333
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Fitri Andayani, Makrina Tindangen, Zeni Haryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |