PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA NARASI MELALUI PENERAPAN PROGAM LITERASI BERBANTUAN MEDIA BUKU CERITA ANAK PADA SISWA SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan progam literasi dengan berbantuan buku cerita anak untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita narasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Proses pembelajaran dilaksanakan dalam tiga tahap, yakni pramenulis, menulis, dan pascamesnulis. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik oleh guru dan siswa. Nilai menulis cerita narasi mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69,8 menjadi 80 pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 85 pada siklus III.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.
Bayham, M. 1995. Literacy Practices: Investigating Literacy in Social Contexts. New York: Longman Group.
Cooper, J.D. 1993. Literacy: Helping Children Construct Meaning. Toronto: Hougton Miffin Company.
Gipayana, M. 2004. Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks Pembelajaran Menulis di SD. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nurjamal, S., & Darwis. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.
Puryanto, E. 2008. Konsumsi Anak dalam Teks Sastra di Sekolah. Makalah dalam Konferensi Internasional Kesusastraan XIX HISKI.
Senge, P. M. 1990. The Fifth Discipline, A Currency Book. New York: Doubleday a Division of Bantar.
Suparno. 1998. Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Makalah disajikan dalam Kongres Bahasa Indonesia VII di Jakarta, 26—30 Okt. 1998.
Suparno, M. Y. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suwignyo, H. 1997. Pembelajaran Proses Menulis untuk Pembentukan Keruntutan Karangan Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Malang: Universitas Negeri Malang.
Witakania. 2008. Aspek Psikopedagogik dalam Sastra Anak.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10187
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Randy Widi Prayoga, Heri Suwignyo, Titik Harsiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |